Kreasi Es Kelapa Muda yang Menarik dan Pas Jadi Menu Buka Puasa, Mau Coba?

Minuman dingin menjadi salah satu opsi yang paling sering dipilih untuk menghilangkan dahaga terutama setelah seharian berpuasa. Dari dulu hingga sekarang, es kelapa masih menjadi primadona menu berbuka di bulan Ramadan ini. Agar tak bosan, berikut kreasi es kelapa muda yang bisa Teman Traveler tiru. Kepoin yuk!

Jus Kelapa Muda

Kelapa dibuat jus
Kelapa dibuat jus, via Instagram/lombokidjomadiun_

Meminum langsung air kelapa dan dagingnya mungkin sudah jadi hal biasa. Nah cara lain untuk menikmatinya yakni dengan di jus. Cara membuatnya mudah kok, Teman Traveler hanya memerlukan buah kelapa, sirup cocopandan atau susu, dan es batu.

Bahan-bahan tersebut diblender hingga halus dan jadi deh! Kalian juga bisa tambahkan topping di atasnya sesuai selera. Salah satu kreasi es kelapa muda satu ini jadi menu buka puasa yang ampuh hilangkan dahaga setelah menahan haus seharian!

Es Kelapa Durian

Kelapa dicampur durian
Es kelapa durian, via Instagram/ghofur_thebikers_speed

Berikutnya perpaduan antara kelapa dan buah durian. Cara membuatnya pun sangat mudah. Dalam satu gelas, Teman Traveler hanya membutuhkan beberapa sendok buah durian dan air kelapa beserta dagingnya, lalu tambahkan kental manis sesuai selera serta es batu agar lebih segar. Es kelapa durian bisa langsung disantap. Jika tak ingin membuatnya, saat ini tak sedikit juga dari pedagang yang menjualnya di pasar Ramadan.

Es Kelapa Jeruk

Kelapa dengan jeruk
Es kelapa jeruk, via Instagram/tjientjien_76

Manis dan lembutnya daging kelapa dicampur dengan asamnya jeruk membuat minuman jadi lebih segar. Pokoknya nggak cukup kalau satu gelas deh! Es kelapa jeruk juga banyak yang menjualnya. Teman Traveler hanya butuhkan perasan air dari jeruk yang kalian suka dan campurkan dengan air kelapa beserta dagingnya. Jika ingin lebih manis lagi, kalian bisa tambahkan beberapa sendok gula cair atau kental manis. Mudah saja kan!

Es Kopi Kelapa Muda

Kreasi es kelapa muda
Es kopi kelapa muda, via Instagram/kopisiesta.id

Kelapa muda memang erat kaitannya dengan minuman pelepas dahaga dengan rasa manis dan menyegarkan. Namun berbeda dengan yang satu ini. Teman Traveler bisa berkreasi dengan menambahkan kopi di dalamnya. Beberapa kedai kopi di Indonesia juga sudah ada yang memulai bisnis unik tersebut.

Butuh waktu cukup lama untuk menikmati sajian ini. Karena kalian harus mencapurkan biji kopi yang telah ditumbuk dan direndam menggunakan air dingin. Setelah itu simpan di kulkas dengan waktu 12 hingga 24 jam untuk kemudian disaring dan diambil konsentrat kopinya. Campurkan konsentrat ke dalam gelas bersama dengan air kelapa, tambahkan es, dan minuman siap disajikan! Berani untuk bereksperimen?

Itulah empat kreasi es kelapa muda yang bisa Teman Traveler buat sendiri di rumah. Tertarik mencoba yang mana nih?

Tags
es kelapa Indonesia kuliner menu ramadan
Share