5 Kota Wisata dengan Kuliner yang Harganya Murah Meriah

Sering liburan lintas kota? Pasti sadar jika biaya hidup satu daerah dengan lainnya berbeda. Ada yang mahalnya minta ampun, tapi tidak sedikit kota dengan biaya hidup murah meriah. Selain harga transportasi dan akomodasi, makanan yang disajikan pun tak bikin kantong jebol. Lalu dimana saja sih kota wisata di Indonesia yang harga kulinernya terjangkau? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

1. Solo

Keraton Solo
Keraton Solo via instagram/@iyokcoda

Sudah pernah menginjakkan kaki ke Solo? Kota kelahiran dari Presiden Joko Widodo ini terkenal dengan harga makanan yang terjangkau. Rata-rata untuk satu porsi makan di kota ini minimal sebesar Rp7.000. Itupun sudah mendapatkan lauk lengkap dan porsi mengenyangkan. Jajanan pinggir jalan dengan rasa jempolan juga murah meriah, mulai dari Rp500. Liburan ke sini tak perlu lagi bingung urusan kulineran.

Kuliner di Pasar Gedhe Solo
Kuliner di Pasar Gedhe Solo via instagram/@thoryc.id

2. Jogja

Tugu, Destinasi cantik di kota wisata
Tugu, Destinasi cantik di kota wisata via instagram/@iwanamaco

Sebagai daerah istimewa, Jogja menjadi salah satu tempat tujuan banyak wisatawan. Objek wisatanya juga banyak, termasuk di pusat kota. Begitu pula dengan kuliner enak yang terkenal legendaris. Soal harga, traveler yang datang ke sini pasti sumringah. Selain murah meriah, porsinya juga melimpah. Itupun tak hanya camilan tapi juga kuliner berat.

Jaddah Bakar di Jogja
Jaddah Bakar di Jogja via instagram/@jogjabikinlaper

3. Malang

Kampung Warna-warni Jodipan di kota wisata Malang
Kampung Warna-warni Jodipan di kota wisata Malang via instagram/@rony_bernadi

Tak susah menemukan makanan enak dengan harga terjangkau di Malang. Dari camilan hingga makanan berat, semuanya murah meriah dan tak bikin kantong bolong. Apalagi kuliner tradisional di pinggir jalan. Hanya bermodalkan uang Rp15.000, kamu bisa menyantap lezatnya orem-orem lengkap dengan minumannya. Jajanan khas kaki lima juga tumpah ruwah di beberapa sudut kota. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menghemat budget liburan demi membawakan oleh-oleh untuk orang di rumah.

Kuliner Orem-orem di Malang
Kuliner Orem-orem di Malang via instagram/@malangfoodies

4. Semarang

Lawang Sewu, Semarang
Lawang Sewu, Semarang via instagram/@saragih_erick

Nikmati akhir pekan tanpa khawatir dompet menipis? Liburan saja ke Semarang. Kota cantik dengan ikon Lawang Sewunya ini memiliki banyak warung tenda dengan harga miring. Menu makanan yang disajikan juga nikmat, apalagi kuliner tradisionalnya. Kamu yang sedang berburu kuliner murah di kota ini, cobalah Leker Paimo yang terkenal legendaris. Harga seporsi jajanan ini mulai dari Rp1.500 hingga Rp15.000. Murah meriah, bukan?

Leker Paimo, Semarang
Leker Paimo, Semarang via instagram/@surabayafoodies

5. Blitar

Makam Bung Karno, Blitar
Makam Bung Karno, Blitar via instagram/@muhammaddwinurcahyo

Kota wisata berikutnya yang memiliki kuliner enak dengan harga murah meriah adalah Blitar. Kamu dapat menikmati sarapan pecel enak yang harganya tak sampai Rp10.000. Porsinya pun banyak dengan lauk melimpah. Seperti nasi pecel di Warung Asmara yang berada di Kalipucung. Pesan dengan bubur sumsum, kamu hanya membayar Rp11.000. Dua menu ini pun bakal menjadi bekal sempurna sebelum menjejalah kota cantik ini.

Kuliner enak di Blitar
Kuliner enak di Blitar via instagram/@arifbarokah

Perbedaan biaya hidup antar kota di Indonesia sebenarnya sangat normal. Faktor utama yang membuatnya berbeda adalah jauh dekatnya pemukiman dari sumber pokok. Selain itu, gaya hidup dan populerasi juga mempengaruhi biaya hidup. Bagaimana, sudah pernah mencoba berburu kuliner di lima kota wisata di atas?

Tags
Blitar Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur Jogja Malang semarang Solo
Share