4 Destinasi yang Siap Menjadi Kota Pariwisata di Indonesia

Beragam destinasi menawan dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Tak berhenti di keindahan alamnya, kekayaan kuliner di setiap daerah juga menjadi daya tariknya. Beberapa daerah telah menjadi destinasi wisata yang populer. Namun beberapa tempat baru menjelma menjadi kota pariwisata di Indonesia.

Mandalika, Lombok Tengah

Bukit Merese di Lombok Tengah via instagram/kotak__kecil

Lombok Tengah adalah kabupaten yang sedang berkembang pesat. Baik dari segi infrastruktur ataupun pariwisata. Apalagi, pada tahun 2019 nanti pembangunan sirkuit internasional yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika ditargetkan usai. Sedangkan pada sektor wisata, kabupaten dengan luas area sebesar 1.208 km persegi ini juga memiliki banyak destinasi. Seperti bagian pesisir selatan Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki selusin pantai untuk dikunjungi.

Manado, Sulawesi

Pesisir Taman Nasional Bunaken via instagram/sahbrooks

Di Provinsi Sulawesi Utara, Manado terkenal dengan taman lautnya di Bunaken. Bahkan sebelum mendarat di bandara Sam Ratulangi, pemandangan yang menakjubkan dari Laut Sulawesi dan Taman Laut Bunaken sudah dapat disaksikan dari udara. Meskipun begitu olahraga air bukan satu-satunya kegiatan yang dapat dilakukan di Manado. Berbagai kuliner lokal dan pantai di sekitarnya juga dapat menjadi kegiatan serta destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Batu, Jawa Timur

Salah satu wahana permainan di Kota Batu via instagram/yusril_mh

Tak dapat dipungkiri, Kota Batu adalah destinasi wisata yang paling diminati. Apalagi saat long weekend, volume kendaraan di ruas-ruas jalan menuju kota ini dipastikan meningkat. Memang berbagai jenis wisata dapat ditemukan di sini. Mulai dari wisata alam, taman bermain, hingga wisata agro. Suasana sejuknya menjadi salah satu alasan kenapa kota dengan jargon Shining Batu ini menjadi kota yang paling diminati, terutama bagi masyarakat di kawasan Jawa Timur.

Ubud, Bali

Salah satu destinasi wisata alam di Ubud via instagram/mylifesatravelmovie

Berada di kawasan sawah terasering di sekitar kaki pegunungan Bali, Ubud dianggap sebagai kota dengan suasana yang masih asri. Kota ini memiliki museum paling penting di Pulau Bali, seperti Neka Art Museum dengan koleksi lukisan Balinya. Berbagai galeri seni dan toko kerajinan tersebar di sudut kotany. Meskipun Ubud telah lama dihargai sebagai tempat yang bagus untuk belajar tentang budaya Bali, pariwisata di Ubud melejit setelah digunakan sebagai lokasi shooting film “Eat, Pray, Love.” .

Potensi pariwisata Indonesia memang tidak dapat disepelekan. Berbagai keindahan serta kekayaan alam dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Namun belum semua wilayah siap menjadi destinasi pariwisata, padahal potensinya sudah di depan mata. Daerah mana yang paling ingin Teman Traveler kunjungi?

Tags
Batu Indonesia Kota Wisata Lombok Manado Ubud Wisata
Share