Ingin Belajar Menyanyi Layaknya Claudia Santoso? Bisa Kunjungi 4 Kota Musik Ini

Gadis Indonesia bernama Claudia Emmanuela Santoso sudah mengharumkan nama tanah air. Ini dikarenakan perempuan asal Cirebon tersebut telah memenangkan ajang bergengsi The Voice Germany 2019 dengan suara emasnya. Hal ini pun membuat bangga dan banyak yang terinspirasi belajar menyanyi seperti wanita berambut panjang ini. Nah, ada beberapa kota musik di dunia yang bisa jadi tujuan kalian yang ingin belajar bernyanyi atau bermusik. Kira-kira di mana saja ya? Yuk deh kita lihat uraian berikut. 

Sevilla 

kota musik
Pementasan di Sevilla via instagram/espurgabueyes_band

Kota pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Sevilla. Berlokasi di Negara Spanyol, kota ini ternyata didaulat menjadi kota musik pertama di dunia pada tahun 2006 silam. Status tersebut didapatkan lantaran musik sangat berkembang pesat di sana. Bahkan, pemerintah setempat menyuruh masyarakatnya untuk terus berkreasi dengan musik dalam sisi apapun. Baik bermain alat musik atau menyanyi. 

Oleh karenanya, ketika berkunjung ke sini, kalian akan mudah menemukan hal yang berhubungan dengan musik. Seperti opera dan juga tempat-tempat umum yang didedikasikan untuk musik. 

Liverpool 

kota musik
The Beatles Story Museum via instagram/tiempodexplorar

Tak hanya menjadi surganya sepak bola, Liverpool juga dinobatkan sebagai kota musik di dunia. Penghargaan tersebut diberikan oleh UNESCO atas dasar keberadaan musik yang begitu besar di kota ini. Seperti komunitas musik live, pendidikan, wisata dan banyaknya orang yang terlahir dengan talenta musik di kota pinggir laut tersebut. 

Itu semua sudah terbukti dengan lahirnya kelompok musik The Beatles yang populer dari dulu hingga sekarang. Kemudian ada juga kelompok orkestra bernama The Liverpool Philharmonic Orchestra yang bertahan dari 175 tahun lalu. 

Auckland 

Latihan bermain biola di perpustakaan Auckland via instagram/aucklandcityofmusic

Selandia Baru juga punya kota musik yang berada di Auckland. Ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2017, kota ini sehari-harinya seakan bernafas dengan musik. Ini dikarenakan menurut penduduk setempat, bahwa musik dari sisi musisi atau pun alunan nadanya saja sangat berperan penting dalam meningkatkan status mereka. 

Maka dari itu, ada banyak serangkaian acara musik digelar. Seperti The Going Global Music Summit yang meningkatkan koneksi dengan produser internasional. Lalu ada pula Musicians Mentoring in Schools yang menghubungkan musisi lokal dan internasional, dengan talenta yang bersinar.

Ambon 

Pementasan musik di Ambon via https://www.amboncityofmusic.id/ 

Terakhir, ada Ambon yang dijadikan kota musik di dunia oleh UNESCO. Menurut Rainer Kern selaku  Direktur UNESCO City of Music Mannheim, Jerman, Ambon banyak menunjukan potensi terkait dengan musik. Baik dari kualitas bermusik serta keragaman sosial dan budaya. 

Selain itu, masyarakat Ambon juga sangat mendukung pertumbuhan ekosistem musik di daerahnya. Seperti membuat musik menjadi media pemersatu di Ambon. Ini semua juga berkat kerja keras dari sebuah organisasi bernama Ambon Music Office. 

Kota musik di dunia ternyata cukup beragam. Para penduduknya mengapresiasi musik lebih dari yang kita bayangkan. Bahkan, musik pun juga digunakan sebagai media pemersatu. Nah, melihat ulasan di atas, apa kalian ingin berkunjung ke salah satunya? 

Tags
Ambon Auckland Indonesia Inggris Kota Musik Liverpool Luar negeri selandia baru Sevilla Spanyol
Share