Tempat yang Harus Dikunjungi Fans The Beatles di Liverpool

Perjalanan sekaligus evolusi dunia musik melahirkan sejarah-sejarah baru dalam dunia hiburan. Musik tak lagi menjadi sebuah gaya hidup, tapi juga sub-budaya yang lahir dari masa ke masa. Nama-nama musisi yang melegenda juga salah satu peninggalan sejarah dalam perjalanan panjang dunia musik. Namun tak hanya musisi yang menjadi bukti sejarahnya, beberapa tempat juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Seperti jejak The Beatles di Liverpool ini.

The Cavern Club

Bagian depan Cavern Club via instagram/rubiemoore

Tempat ini dikenal sebagai lokasi The Beatles memainkan ratusan konser diawal karirnya. Meskipun itu pengap dan memiliki ruangan yang sangat sempit. Bahkan jalur untuk masuk ke tempat ini harus melewati blok yang meliuk-liuk. Namun, Cavern Club yang asli telah ditutup pada tahun 1973 dan bangunannya dialih fungsikan. Untungnya Cavern Club saat ini diciptakan kembali tak jauh dari lokasi aslinya. Bahkan Paul McCartney masih sering menggelar konser kejutan di tempat ini.

The Beatles Story Exhibition

The Beatles Story via instagram/derekliverpool1

Ruang pamer yang terletak di tepi pantai Liverpool adalah salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Tempat ini digagas sebagai ruang pameran permanen terbesar yang ditujukan untuk kehidupan dan era kejayaan The Beatles. Tempat ini benar-benar membawa pengunjungnya untuk kembali pada masanya untuk melihat seperti apa kehidupan The Beatles sebenarnya. The Beatles Story Exhibition memiliki beberapa koleksi rekaman juga beberapa kenangan proses dibalik album-album emasnya.

Rumah Masa Kecil Paul McCartney, 20 Forthlin Road

Rumah Paul McCartney via instagram/ajwvdberg

Keluarga McCartney pindah rumah ini ketika Paul berusia 13 tahun. Sekitar setahun sebelum ibunya meninggal karena kanker payudara dan ia mulai masuk dalam dunia musik. Paul dan John Lennon akhirnya menulis banyak hits Beatle, seperti “She Loves You,” di teras rumah ini. Rumah ini terbuka untuk umum dan tetap memiliki interior tahun 50-an dan 60-an. Sama seperti interior saat Paul McCartney kecil tinggal di tempat ini

The Grapes on Roscoe Street

Bagian depan The Grape via instagram/southsideoli

Pub tua ini berada di dekat Cavern Club dan menjadi menjadi favorit masyarakat Liverpool selama beberapa generasi. Dulu tempat ini, merupakan tempat nongkrong The Beatles di masanya. Di dalamnya Anda akan menemukan foto John, Paul, George, dan Ringo Pete sedang hangout di tempat ini. Di sebelahnya, sebuah tanda bertuliskan “Foto ini diambil di sini” dan menunjuk ke lokasi dimana foto itu diambil.

Mengenal perjalanan musik memang hal yang menarik. Evolusinya dari tahun ke tahun adalah salah satu hal yang tak membosankan untuk disimak. Begitupun dengan perjalanan The Beatles. Kalau Teman Traveler adalah salah satu fans The Beatles, datang ke tempat di atas ya kalau ada kesempatan.

Tags
Inggris Liverpool mancanegara The Beatles
Share