3 Kota Gaib Indonesia, dari Sulawesi hingga Kalimantan

Indonesia memang memiliki beragam keunikan di setiap sudutnya. Mungkin Teman Traveler belum tahu bahwa ada beberapa kota yang dianggap gaib oleh sebagian orang. Bukan hanya karena tidak muncul di peta Indonesia, tapi juga lantaran banyak fenomena mistis yang terjadi di dalamnya. Beberapa kota ini terletak di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Mana saja, ya?

Wentira yang Kerap jadi Titik Angker

kota gaib

Salah satu kota gaib yang kerap kali diperbincangkan adalah Wentira. Kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah ini ternyata mempunyai cerita mengapa disebut dengan daerah gaib. Masyarakat yang bermukim di sekitarnya percaya bahwa Wentira merupakan sebuah kerajaan jin terbesar. Kerajaan tersebut disebutkan terletak di hutan belantara antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Jika Teman Traveler berkunjung, pasti akan menemukan sebuah tugu berwarna kuning. Tugu tersebut dipercaya sebagai gerbang gaib menuju Wentira. Tak hanya itu, menurut cerita turun temurun, Wentira merupakan warisan dari Atlantis yang hilang entah ke mana.

Padang 12 dengan Luas hanya 12 km persegi

kota gaib
Padang 12 via instagram/ ketapang.official

Kota lain yang dianggap mistis yaitu Padang 12. Kawasan ini tidak berada di Pulau Sumatera, melainkan di Kalimantan Barat. Konon katanya, kota ini hanya memiliki luas sekitar 12 km persegi, dengan dihiasi pohon pinus dan ilalang seperti padang rumput. Maka dari itu, para penduduk menyebutnya Padang 12.

Walaupun Padang 12 hanya berukuran kecil, ternyata kota ini didiami oleh penduduk yang disebut dengan orang kebenaran. Sosoknya tidak berbeda dengan wujud manusia pada umumnya. Hanya saja, mereka tidak memiliki belahan di antara bawah hidung dan di atas bibirnya. Namun, ini semua hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu yang mungkin mempunyai kelebihan di atas rata-rata.

Saranjana yang Misterius

Saranjana via instagram/
yth.danang

Ada lagi kota gaib lain yang berada di Pulau Kalimantan. Adalah Saranjana. Menurut penduduk Kalimantan Selatan, Saranjana terletak di Pulau Laut yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Kotabaru. Sayangnya, letak pastinya masih belum diketahui.

Cerita yang beredar juga mengatakan kalau Saranjana merupakan kota gaib yang sangat maju. Dengan jalan yang lebar, rumah-rumah megah dan disertai oleh pagar-pagar tinggi di depannya. Kemudian, rumah-rumah itu juga ditinggali oleh orang-orang yang sangat rupawan. Baik itu lelaki, maupun perempuan.

Kabar dari kota-kota gaib ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Untuk percaya atau tidaknya, terserah dari Teman Traveler sekalian. Mungkin seru juga ya bisa berkunjung ke daerah-daerah tersebut. Bagaimana, apakah Teman Traveler pernah mendengar cerita ini juga?

Tags
Indonesia Kalimantan Selatan Kalimantan Timur kota gaib kotabaru Palu Pontianak Sulawesi Tengah Wisata
Share