Selain Jakarta, 4 Kota Ini Juga Pernah Alami Mati Listrik Parah

Pada tanggal 4 Agustus 2019 lalu, Jakarta dan sekitarnya benar-benar seperti kota mati. Ya bagaimana tidak, kawasan tersebut mengalami pemadaman listrik yang cukup lama. Bahkan, sinyal pun juga ikut kembang kempis karena efek dari pemadaman. Ternyata, Jakarta dan sekitarnya tidak sendirian. Ada beberapa kota di dunia yang juga mengalami mati listrik yang tak kalah parah. Kota mana saja ya kira-kira? Simak ulasan berikut. 

Balochistan, Mati Listrik Akibat Gardu yang Diledakkan 

kota mati listrik parah
Balochistan via instagram/humzashk

Wilayah pertama yang mengalami mati listrik parah adalah Balochistan. Provinsi yang berlokasi di Pakistan ini pada tahun 2015 mengalami pemadaman listrik. Hal ini dikarenakan sekelompok orang yang sengaja meledakkan gardu.

Akibatnya, daya sebesar 600 Megawatt terputus dan merugikan semua aktivitas yang dilakukan 140 juta jiwa di Balochistan. Termasuk dua mall besar yang ada di Balochistan, yaitu Gold City Shopping Mall dan Millenium Mall yang ikut terhenti aktivitasnya. 

Bheramara, Stasiun Listrik Alami Kerusakan 

kota mati listrik parah
Bheramara via shutterstock

Di posisi kedua ditempati oleh Bheramara yang ada di Bangladesh. Kota tersebut mengalami pemadaman listrik yang parah di tahun 2014. Hal ini bisa terjadi karena sebuah stasiun listrik yang bertegangan 400 kilovolt mengalami kerusakan.

Pasokan listrik sebesar 445 Megawatt yang tersambung ke rumah warga terputus begitu saja. Sekitar 150 juta jiwa pun akhirnya tidak bisa beraktivitas, termasuk jalan-jalan ke mana saja, lantaran kondisi di luar rumah begitu gelap. 

Agra, Kegagalan Sistem Transmisi di dekat Taj Mahal 

Agra via instagram/cook84

Tak kalah parah dengan dua wilayah di atas, Kota Agra yang berlokasi di India juga pernah mengalami pemadaman listrik. Pada tahun 2012 lalu, Agra sempat menjadi kota tergelap di India lantaran ada kegagalan sistem transmisi listrik di dekat Taj Mahal. Alhasil, para pengunjung yang sedang berada di pemakaman ternama tersebut terpaksa harus dipulangkan. 

Pemadaman listrik ini juga membuat pasokan listrik hilang besar-besaran. Sejumlah 32 Gigawatt yang membuat 620 juta jiwa lebih hidup tanpa menggunakan listrik. Tak bisa dibayangkan deh bagaimana kehidupan di Agra pada saat itu. 

Roma, Jaringan Listrik yang Terkena Badai 

Roma via instagram/anainparis

Pada tanggal 28 September 2003, aliran listrik hampir di seluruh Italia padam selama lebih kurang 12 jam lamanya, yaitu dari pukul 03.20 waktu setempat. Padamnya listrik disebabkan terganggunya jaringan pembangkit listrik Italia akibat terjangan badai. Dilaporkan di Roma, ratusan orang terjebak di dalam kereta bawah tanah dan menyebabkan seluruh jadwal penerbangan di Italia ditunda.

Itulah deretan kota di dunia yang pernah mengalami mati listrik parah. Semuanya mempunyai penyebab masing-masing dan telah merugikan ratusan juta jiwa. Semoga kejadian seperti ini tak terulang lagi karena bisa membuat aktivitas masyarakat berhenti total. Teman Traveler setuju, kan?

Tags
Agra Balochista Bangladesh Bheramara India info terbaru Italia kota mati listrik parah Luar negeri Pakistan Roma
Share