Kopi Roda, Bangunan Bekas Penggilingan Kopi yang Instagenic di Palembang

Kokohnya Jembatan Ampera atau ekostisnya Sungai Musi bukanlah satu-satunya wisata yang mencuri perhatian di Palembang. Teman Traveler juga bisa menjelajah objek wisata bersejarah lainnya yang memiliki cerita unik tersendiri. Bisa juga mengintip Kopi Roda yang memiliki bangunan klasik zaman Belanda. Penasaran seperti apa, kan?

Rumah Tua yang Berusia Puluhan Tahun

Bangunan lawas bekas penggilingan kopi
Bangunan lawas bekas penggilingan kopi via instagram/@genpisumsel

Kopi Roda, begitulah nama yang tersemat dalam bangunan tua di Jalan Segaran 14 Ilir, Palembang. Konon, destinasi wisata ini sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Selama itu pula, rumah ini sudah berganti kepemilikan sebanyak tiga kali. Terakhir adalah Liem Tjeng San, seorang pengusaha asal Cina yang menetap di Palembang. Kini dengan bangunan dengan arsitektur khas Belanda tersebut dirawat dan ditempati oleh anak Liem Tjeng San.

Bekas Tempat Penggilingan Merek Kopi Ternama

Kopi Roda yang beralih jadi rumah biasa
Kopi Roda yang beralih jadi rumah biasa via instagram/@palembangkulukilir

Sebelumnya, rumah dengan pintu dan jendela besar di sini dijadikan menjadi tempat berjualan batik. Namun, setelah setelah diolah oleh Liem Tjeng San, bangunan tersebut disulap menjadi tempat penggilingan kopi bermerek Kopi Roda. Yap, salah satu merek dagang yang cukup populer di masanya. Sayang, tempat tersebut berhenti beroperasi karena tidak ada penerus untuk mengurus bisnis tersebut. Apalagi jumlah saingan yang semakin banyak dari tahun ke tahun.

Spot Foto untuk Prewedding

Spot Foto Prewedding di Kopi Roda
Spot Foto Prewedding di Kopi Roda via instagram/@gugunphotography_gallery

Tawaran untuk menjadi bangunan ini sebagai kafe atau tempat nongkrong sebenarnya sangat banyak. Namun, anak Liem Tjeng San memilih untuk merawatnya sendiri bersama keluarga besar. Pun demikian, ia membebaskan untuk berfoto di teras halaman. Selain didatangi oleh pecinta fotografi, bangunan ini juga biasa dijadikan sebagai spot foto Prewedding. Yah, arsitekturnya yang unik memang pas banget dijadikan latar foto.

Incip Lomie di Seberang Kopi Roda

Lomie Kopi Roda
Lomie Kopi Roda via instagram/@dentist.chef

Selain berfoto dengan latar bangunan tua ini, ternyata ada hal menarik lain yang bisa Teman Traveler lakukan di sekitar sini. Tepat di seberangnya, ada kedai sederhana yang siap memanjakan lidah dengan menu lomie ayam. Nama tempat makan tersebut adalah Lomie Kopi Roda yang cita rasa menunya nendang di lidah. Apalagi ada tambahan udangnya. Nah, seporsi menu ini terbilang terjangkau, sekitar Rp30.000 per porsi.

Itulah ulasan tentang Kopi Roda, bangunan bekas penggilingan kopi yang jadi spot instagenic di Palembang. Bagaimana, tertarik untuk berfoto di depan rumah klasik ini kan?

Tags
Indonesia Palembang Sumatera Selatan wisata palembang
Share