Kopi Rempah di Indonesia, Alternatif Ngopi Cantik dan Tetap Sehat

Kopi merupakan salah satu minuman favorit penduduk Indonesia selain teh. Kedai kopi pun telah banyak tersebar, hampir setiap daerah memiliki keunikan biji maupun racikan masing-masing. Seperti sajian kopi rempah di Indonesia pada beberapa daerah yang diulas di bawah ini. Di mana saja Teman Traveler bisa menjajal kopi rempah yang bermanfaat bagi kesehatan ini?

Kopi Rempah Banyumas

Kopi Rempah Banyumas via YouTube
Kopi Rempah Banyumas via YouTube

Kopi rempah di Indonesia berikutnya datang dari Banyumas, mengandung rempah-rempah diantaranya jahe merah, kapulaga, serai, dan kayu manis. Ramuan yang terkandung dalam kopi tersebut memiliki beragam khasiat, seperti kapulaga yang dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Rempah-rempah tersebut setelah dibersihkan, disangrai terlebih dahulu kemudian baru digiling bersama dengan biji kopi yang juga telah digoreng.

Proses penggorengan rempah-rempah dan biji kopi menggunakan cara tradisional, dengan tungku kayu bakar. Kalau ingin menjajal kopi rempah Banyumas, Teman Traveler bisa datang saja ke kedai Pak Imam Fachrurozi di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Menurut sang pemilik, kopi ini dipercaya sebagai anti masuk angin dan dapat menjaga stamina tubuh. Untuk satu ons kopi bubuk yang telah dicampur rempah dihargai Rp20 ribu.

Kopi La Rempah Purworejo

Kopi Rempah Purworejo via Instagram @kopi_la_rempah
Kopi Rempah Purworejo via Instagram @kopi_la_rempah

Satu lagi kopi rempah di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah juga, Kopi La Rempah Purworejo. Berbeda dengan kopi rempah Banyumas yang penggorengan rempah-rempah dengan kopi dipisah. Kopi La Rempah mencampur kedua bahan tersebut saat disangrai, agar nantinya kopi lebih berasa rempah-rempahnya. Dicampur bawang merah, cengkeh, kelapa, jahe, dan lainnya. Bawang merah lebih dikenal sebagai bumbu masakan, mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Teman Traveler bisa datang ke kopi lokal Bruni tepatnya di Dukuh Singojoyo, Desa Brunosari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo. Demi menikmati secangkir kopi la rempah yang menyehatkan ini. Tidak perlu merogoh kocek banyak, cukup siapkan Rp20 ribuan per satu ons yang biasanya bisa untuk satu cangkir kopi.

Tarakahve Tarakan

Kopi Rempah Tarakan via Instagram @triutami_as
Kopi Rempah Tarakan via Instagram @triutami_as

Kali ini beranjak ke Kalimantan Utara tepatnya di Tarakan, terdapat Tarakahve. Tara berarti Tarakan, sedangkan kahve bermakna kopi. Tarakahve mengandung kayu manis, jahe, cengkeh, dan kapulaga. Salah satu rempah tersebut, yaitu kayu manis bermanfaat untuk mengeluarkan jamur penyebab sakit gigi, sehingga bisa meredakan rasa sakitnya. Teman Traveler bisa menjajal nikmatnya Tarakahve di Kedai TimTeng Jalan Seroja II Nomor 58 Karang Anyar Kota Tarakan. Bagi yang berada di luar Tarakan juga bisa memesan melalui pemiliknya langsung, dihargai Rp40 ribu per pack bisa untuk 4 cup kopi.

Kopi Rarobang Ambon

Kopi Rarobang Ambon
Kopi Rarobang Ambon via Instagram/@ambonnesian

Kopi rempah di Indonesia ini asli racikan orang Ambon, disebut kopi Rarobang, dicampur dengan rempah-rempah diantaranya jahe putih, yang bermanfaat untuk salah satunya menyembuhkan migrain. Kopi yang digunakan berjenis robusta, setelah diseduh dengan rempah-rempah, ditambah madu dan biji kenari. Teman Traveler bisa mencicip secangkir kopi Rarobang di kedai kopi sepanjang Jalan Said Perintah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, dengan harga kisaran Rp19 ribu.

Pada dasarnya kopi memberikan sejumlah manfaat diantaranya dapat meningkatkan zat serotonin yang bisa mengurangi stres. Ditambah lagi dengan campuran rempah-rempah yang mempunyai sederet manfaat bagi tubuh. Paket komplit nih! Apakah Teman Traveler penikmat kopi? Mau coba racikan di atas?

Tags
Indonesia Kopi Rarobang Kopi Rempah kuliner
Share