Kopi Klotok Bogor Ala Jogja Yang Ngetop

Advertisement

Kopi klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional khas Indonesia. Dibuat dengan cara merebus air bersama bubuk kopi varietas apapun, baik arabika atau robusta, dengan panci panas kemudian disiram air hingga mendidih sehingga menghasilkan bunyi “klotok-klotok”, begitulah istilah lahirnya nama klotok. Cara penyajiannya pun mirip dengan kopi turki namun bubuk kopi yang digunakan tidak sehalus kopi turki. Perbedaan lainnya pada alat- alat yang digunakan. Kopi Turki menggunakan ibrik dan kompor api atau kompor pasir, sedangkan kopi klotok menggunakan panci dan tungku arang.

Kopi Klotok Cisarua Ala Jogja. Foto via linetoday.com

Kopi ini menjadi favorit dikalanagan muda mudi wilayah Yogya. Memang cita rasa yang dihasilkan pun berbeda dengan kopi pada umumnya. Nah, bagi kamu warga Bogor, tak perlu jauh jauh ke Jogja dulu untuk menikmati kopi Klotok ini. Kamu cukup mendatangi daerah Cisarua dan pastinya akan bertemu dengan Warung kopi Klotok Jogja. Kedai ini milik Titiek Soeharto atau Siti Hediati Hariyadi, putri mendiang presiden Soeharto. Lokasi Tepatnya berada di Kopo, Cisarua, di pinggir jalan raya ke arah Puncak. Untuk mudahnya bisa pakai patokan Wisma DPR yang bersebelahan dengan warung tersebut.

Lokasi kopi Klotok yang luas seperti di Jogja. Foto via travelandword.com

Dari tepi jalan sudah terlihat bangunan limasan kayu jati kecokelatan yang jadi bangunan utama warung kopi. Tidak hanya itu, di sepanjang jalan juga terdapat banner kecil kuning yang jadi penunjuk arah bertulisan ‘lodeh tempe’, ‘lodeh terong’ dan beberapa menu andalan Warung Kopi Klotok ini.

Sama seprti warung kopi klotok di Jogja, suasana Jawa juga terasa kuat,  saat memasuki halaman warung kopi yang menempati area seluas 5.000 m2. Ada beberapa bangunan limasan dan joglo di bagian belakang yang seluruh areanya dikelilingi pepohonan, tanaman bunga mawar dan anggrek.

Seperti rumah joglo bangunan utama di kopi klotok. Foto via nasirullahsitam.com

Tak hanya menu minuman kopian saja, namun kamu juga dapat merasakan suguhan makana khas Jawa yang super lezat di warung ini seperti lodeh Jawa, ayam goreng bacem, pindang goreng, tempe garit dan tempe koro bacem yang tersedia musiman. Terdapat beberapa cemilan juga seperti Tempe garit, tempe bungkus daun yang tipis renyah, padat kedelai ini renyahnya bikin nagih.

Sesuai dengan namanya, Warung kopi Klotok punya andalan kopi tubruk yang enak. kopinya disajikan dengan gelas kaca kecil bertutup dengan tatakan, khas kopi tubruk Jawa. Diaduk dengan gula batu atau gula Jawa,  dengan aroma wangi semerbak. Minuman lain yang tak boleh dilewatkan adalah Wedang Jahe gepruk. Umbi jahe dimemarkan ditambah serai dan gula batu.

masakan jawa yang hadir di kopi klotok cisarua. Foto via travelkompas.com

Berbeda dengan Warung Kopi Klotok Pakem, pengunjung di cabang Cisarua bisa mengambil makanan dan memesan minuman dulu dan membayar di kasir baru bisa menikmatinya. Sementara di warung kopi Pakem, membayar belakangan. Harga makanan cukup terjangkau, paket nasi lodeh atau sop Rp 18.500. Tempe garit Rp 3.000, telur krispi dan ayam goreng Rp 11.500. Sementara wedang jahe gepruk dan teh tubruk Rp 12.500. Camilan pisang goreng, jadah goreng dan tempe mendoan Rp 9.500 isi 2 buah. Cukup untuk mengobati rasa rindu makanan khas Jawa.

Advertisement
Tags
kopi klotok kuliner Indonesia Kuliner Nusantara Wisata Kuliner
Share