Kopi Klothok Jogja, Nikmatnya Hidangan ala Ndeso

Jogjakarta selalu miliki segudang kisah kuliner yang sulit terlupakan. Salah satu yang wajib Teman Traveler jajal adalah Kopi Klothok Jogja. Tempat makan ini berikan sensasi ala rumahan yang membuatnya selalu dirindukan. Tak hanya itu, sajian ala ndeso-nya juga bikin lidah dimanjakan. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Berada di Kawasan Sleman

img_20190811_114254_pxR.jpg
Kesan dari Sri Mulyani (c) Anggraini/Travelingyuk

Kopi Klothok Jogja beralamat di Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Kabupaten Sleman. Tempatnya hampir tak pernah sepi pengunjung. Sejumlah selebritis dan pejabat Tanah Air pun kerap mampir ke sini.

Di beberapa permukaan dinding warung, Teman Traveler akan menemukan tulisan pesan dan kesan para pesohor yang pernah menyambangi tempat ini. Sebut saja Najwa Sihab, Presiden Megawati, hingga Sri Mulyani.

Mengusung konsep kampung, tempat makan ini mulai buka pukul 07.00. Teman Traveler bisa puaskan lidah dengan aneka menu nikmat ala rumahan di sini.

Bangunan Joglo Jawa

20190811_135231_GMX.jpg
Bangunan utama (c) Anggraini/Travelingyuk

Bangunan warung berbentuk rumah joglo khas Jawa. Lantaran tempatnya selalu ramai dipadati pengunjung, Teman Traveler mungkin bakal susah mendapatkan kursi. Namun jangan khawatir, pengelola sudah sediakan tikar.

Kalian bisa menikmati aneka hidangan lezat ala ndeso sembari lesehan. Sensasinya bakal beda deh, apalagi tempat makan ini menghadap langsung ke area persawahan dan Gunung Merapi. Suasana desanya benar-benar terasa kental.  

Beragam Menu Nikmat

kopi klothok jogja
Makan ala ndeso (c) Anggraini/Travelingyuk

Meski mengusung nama Kopi Klothok, tempat ini sejatinya bukan kedai kopi Teman Traveler. Menurut informasi yang saya dapat, menu favorit di sini adalah nasi sayur dan pisang goreng.

Selain itu Teman Traveler juga pesan aneka masakan ala kampung lainnya, seperti sayur asem, sayur lodeh, sayur sop sederhana, lodeh terong, lodeh kluwih, tempe bacem, dan masih banyak lagi. Cukup lah untuk sekadar mengobati kerinduan akan masakan kampung halaman.

Soal harga, tiap menu di sini dibanderol cukup murah. Nasi dan sayur bisa dinikmati sepuasnya hanya dengan bermodal Rp11.500-an. Sementara untuk lauk, per bijinya ditawarkan dengan harga antara Rp3.500-an hingga Rp5.500-an saja.  

kopi klothok jogja
Kopi dan pisang goreng (c) Anggraini/Travelingyuk

Warung ini juga menyediakan kopi klothok sebagai salah satu menu utama. Segelasnya ditawarkan dengan harga Rp5.000-an. Racikan minuman ini juga jadi salah satu favorit pengunjung lantaran perpaduan rasa pahitnya sangat pas.

Buat yang tidak suka kopi, bisa langsung pesan aneka minuman tradisional seperti teh tubruk gula batu atau gula Jawa, maupun wedang jahe gepuk. Jangan lupa order jadah atau pisang goreng hangat sebagai pelengkap. Per porsinya dibanderol Rp6.500-an saja.

Itulah sedikit ulasan mengenai Warung Kopi Klothok Jogja yang cukup fenomenal. Meski sederhana, sederet menu ala pedesaan yang ditawarkan benar-benar memanjakan lidah. Belum lagi suasananya yang bersahaja. Jangan lupa mampir jika sedang liburan di Jogja ya.

Tags
Indonesia Jogja Jogjakarta kontributor kopi klothok jogja kuliner kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share