Menengok Potensi dan Keindahan Kopi Indonesia Lewat 4 Kebun Ini

Jangan heran jika di Indonesia kamu dapat menemukan kedai kopi dengan mudah. Karena nusantara dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Tak hanya dari kualitasnya, namun juga kuantitasnya. Banyak kebun kopi yang tersebar di penjuru nusantara. Sehingga kamu tak perlu khawatir kehabisan stok untuk ngopi bersama temanmu, karena pasokan kopi di Indonesia tergolong cukup banyak. Empat kebun kopi Indonesia yang akan disebutkan pada poin berikut ini menjadi wakilnya.

1. Kintamani, Bali

Wisatawan yang sedang berfoto di gardu pandang sekitar kebun kopi via instagram
Wisatawan yang sedang berfoto di gardu pandang sekitar kebun kopi via instagram/firdamauliddya

Tak hanya pantai dan air terjun, Bali juga memiliki kebun dengan kopi yang reputasinya luar biasa. Berada di Kabupaten Bangli, wisatawan dapat memetik biji kopi dan langsung mengolahnya di tempat. Lahan yang cukup luas di ketinggian 1.200 mdpl pasti akan membuatmu betah berlama-lama di tempat ini.

2. Gayo, Aceh

Kopi gayo adalah salah satu produk kopi yang terkenal via instagram
Kopi gayo adalah salah satu produk kopi yang terkenal via instagram/tanjungfachriz

Pecinta kopi pasti sepakat jika rasa yang dimiliki kopi Aceh Gayo sangat enak. Tanah di wilayah ini memang menghasilkan biji-biji kopi yang telah diekspor ke berbagai negara. Tak hanya kopinya, pekebunan kopi di Gayo juga sering menjadi destinasi masyarakat lokal untuk mencari udara sejuk.

3. Bolokan, Toraja

Kebun kopi Toraja yang berada di ketinggian via instagram
Kebun kopi Toraja yang berada di ketinggian via instagram/erwinhzidane

Terdapat sebuah perusahaan penghasil kopi di kawasan ini, PT Sulotco namanya. Produknya dikenal dengan nama kopi Sulotco. Kabarnya milik seorang warga Belanda bernama H.J. Stock van Dykk. Setelah merdeka, kebun ini diakusisi oleh PT Sulotco. Luas lahannya mencapai hampir 1.200 hektar.

4. Dayan Gunung, Lombok Utara

Gardu pandang di sekitar perkebunan kopi Senaru via instagram
Gardu pandang di sekitar perkebunan kopi Senaru via instagram/northoflombok

Kebun kopi di kawasan Dayan Gunung ini cukup populer. Karena banyak wisatawan  mengunjungi lokasi itu untuk selfie, lantas diunggah ke media sosial. Letaknya berada di sekitar pendakian Rinjani melalui jalur Senaru. Meskipun begitu, untuk mencapai tempat ini tak diperlukan track yang sulit.

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi agribisnis dan agrowisata yang dapat dikunjungi. Mulai dari kebun apel, bunga matahari, teh, hingga kopi. Pada beberapa tempat kamu juga dapat menikmati sajian teh atau kopi langsung di kebunnya. Pernah mengunjungi salah satu agrowisata yang ada di Indonesia?

Tags
agrowisata Indonesia Kebun Kopi Wisata
Share