5 Wisata Wajib Banda Aceh, Jalan-jalan Asyik di Serambi Mekkah

Advertisement

Bicara soal wisata, Banda Aceh mungkin tak sepopuler Jogjakarta atau Bali. Penyebabnya ada banyak, bisa jadi hukum syariah yang diberlakukan ketat di sana membuat turis berpikir dua kali untuk datang. Namun demikian, sebenarnya ada banyak destinasi wisata wajib Banda Aceh yang punya pesona luar biasa.

Apalagi pemerintah terus aktif membantu perkembangan wisata setempat, terutama sejak mereka dihantam bencana tsunami pada 2004 silam. Berikut daftar lima rekomendasi wisata wajib Banda Aceh yang sama sekali tidak boleh dilewatkan.

1. Museum Tsunami

Pengunjung berfoto di salah satu sudut Museum Tsunami
Pengunjung berfoto di salah satu sudut Museum Tsunami via Instagram delladartyan

Bencana Tsunami 2004 merupakan salah satu bencana alam terbesar yang pernah menimpa Indonesia. Museum Tsunami didirikan sebagai tribut khusus untuk mereka yang kehilangan nyawanya di tengah gulungan ombak besar yang menghantam provinsi ini. Tempat ini juga berguna sebagai wahana edukasi dan juga perlindungan kamu sewaktu-waktu tsunami kembali terjadi.

Para pengunjung yang baru datang akan disambut dengan sebuah lorong gelap dengan air mengalir, melambangkan gelombang tsunami. Kamu juga bisa mendengar teriak-teriakan mengerikan dan juga suara aliran air di sekeliling.

Di lantai dua, kamu bisa melihat galeri proses pembangunan kembali, serta ekspresi para keluarga korban tsunami yang kehilangan atau bahkan dipertemukan kembali dengan orang-orang terkasih. Selain itu di sini juga ada alat simulasi gempa untuk mengingat bencana alam dahsyat tersebut.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman via Instagram rezafaraby

Rasanya tempat ini wajib untuk dikunjungi jika kamu berada di Banda Aceh. Inilah masjid utama yang ada di Aceh dan dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda di Abad ke-19.

Masjid ini masih kokoh berdiri usai terkena bencana gempa dan tsunami di 2004, hingga banyak orang yang percaya bahwa masjid ini mendapat perlindungan khusus dari Tuhan. Tempat ini juga sempat menjadi posko khusus bagi para korban dan pusat identifikasi jenazah.

Terlepas dari sejarah panjangnya, kompleks Masjid Raja Baiturrahman punya arsitektur yang indah. Apalagi jika kamu  mengunjunginya di malam hari, dihiasi dengan hamparan lampu-lampu yang menawan. Patut diperhatikan bahwa harus berpakaian sopan ketika berada di sini, jika tak ingin dianggap melecehkan tradisi warga setempat.

3. Taman Gunongan

Taman Gunongan
Taman Gunongan via Instagram vijhefajar20

Taman Gunongan merupakan monumen perlambang cinta Sultan Iskandar Muda untuk istrinya Putri Phang dari Pahang, Malaysia. Konon tempat ini awalnya didirikan sebagai area rekreasi dan pemandian pribadi untuk sang putri raja.

Bangunan ini terdiri dari beberapa tangga berukuran sempit dan pucuk-pucuk berwarna putih. Kabarnya sengaja didesain seperti ini untuk menggambarkan area perbukitan di tempat asal Putri Phang.

Di sebelah Gunongan terdapat Kandang Gunongan yang menjadi tempat peristirahatan terakhir Sultan Iskandar Thani. Beliau adalah suami Sri Ratu Syafiatuddin, putri Iskandar Muda. Batu nisan di sini dibangun oleh istrinya, yang mengambil alih kekuasaan dan menjadi Sultan wanita pertama.

4. PLTD Apung

PLTD Apung di Aceh
PLTD Apung di Aceh via Instagram muhammadtanura77

PLTD Apung merupakan satu lagi tempat untuk mengenang bencana tsunami 2004. Di sini kamu bisa melihat kapal pembangkit tenaga listrik yang sebelumnya sempat terombang-ambing oleh gelombang tsunami Aceh.

Menurut keterangan dari berbagai sumber, PLTD ini terseret hingga 4 kilometer dari tempat asalnya. Kini PLTD Apung dibiarkan di posisinya sekarang sebagai pengingat akan betapa besar dan mengerikannya kekuatan tsunami.

Pengunjung yang datang ke sini bisa naik ke atas dan melihat-lihat pemandangan sekitar.

5. Museum Negeri Banda Aceh

Rumah tradisional di Museum Aceh
Rumah tradisional di Museum Aceh via Instagram about.indonesia.id

Museum Negeri Banda Aceh atau Museum Aceh adalah tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin mempelajari lebih dalam mengenai kebudayaan Aceh. Di dalam museum ini kamu akan menemukan beberapa koleksi foto dan juga memorabilia seperti kain tenun tradisional, senjata perang, dan juga alat pertanian sampai melihat patung unik berbentuk banteng berkepala dua.

Itulah tadi beberapa rekomendasi lokasi wisata wajib Banda Aceh yang pantang dilewatkan selama berada di Serambi Mekkah. Tahu destinasi lain yang tidak kalah menarik? Silahkan berikan komentar di kolom yang ada di bawah.

Advertisement
Tags
Aceh Banda Aceh Wisata
Share