Termahal di Dunia, Secangkir Kopi Dihargai 1 Juta Rupiah, Penasaran?

Biasanya berapa uang yang Teman Traveler keluarkan untuk mendapatkan satu cangkir kopi? Mungkin antara angka Rp10 ribu hingga Rp50 ribuan. Namun bagaimana dengan jutaan? Sebuah coffee shop di California, Amerika Serikat ini menjual secangkir kopi dengan harga 1 juta rupiah. Wah, mahal banget ya. Apa istimewanya, ya?

Satu Juta Untuk Secangkir Kopi

Kopi 1 juta rupiah per cangkir
Kopi 1 juta rupiah per cangkir, via Twitter/tina_patel

Seperti yang diberitakana oleh Time, sebuah coffee shop bernama Klatch Coffee yang terletak di California meracik kopi termahal di dunia dengan harga mencapai 75 dollar atau setara dengan 1 juta rupiah untuk segelas saja. Minuman yang dinamai Elida Natural Geisha 803 ini merupakan biji kopi dari Panama.

Angka 803 sendiri mengacu kepada biji kopi organik yang dilelang dan dengan harga mencapai 803 dollar atau setara dengan Rp11 jutaan per pounds. Dengan harganya yang sangat mahal, tentu saja banyak media yang memberitakannya bahkan menjadi topik hangat hingga saat ini.

Kopi Terbaik dengan Cita Rasa Unik

Memiliki cita rasa unik
Memiliki cita rasa unik, via Twitter/KTLAnewsdesk

Rabu lalu merupakan hari istimewa karena Klatch memberikan sampel gratis bagi siapa saja yang ingin mencoba kopi termahal di dunia ini. Kopi jenis ini ternyata hanya ada 100 pound saja di dunia. Klatch Coffee berhasil mendapatkan 10 pound biji kopi tersebut. Sementara sisanya telah tersebar di Jepang, Tiongkok, dan Taiwan. Karena termasuk salah satu yang langka, kopi ini memiliki cita rasa unik. Bahkan memiliki aroma melati, tebu, dan buah aprikot.

Kopi Panama Geisha

Kopi Panama Geisha
Kopi Panama Geisha, via Instagram/pdgespanol

Jenis Geisha termasuk primadona yang selalu dicari namun tidak mudah untuk menemukannya, dikarenakan memiliki cita rasa yang anggun sehingga harganya pun bisa dimaklumi. Salah satu karakter dari biji ini dikenal dengan bentuk buahnya yang panjang serta memiliki rasa bawaan madu plus jeruk yang kompleks. Kopi jenis Geisha juga seringkali memenangkan juara di kompetisi The Best of Panama selama 4 tahun berturut-turut yakni 2004 hingga 2007 dan 2009 sampai 2010.

Klatch Coffee

Klatch Coffee di San Fransico
Klatch Coffee di San Fransico, via Instagram/klatchroasting

Kedai bernama Klatch Coffee telah ada sejak tahun 1993 dan saat ini memiliki enam cabang di California. Tempat tersebut masih populer hingga kini. Klatch juga dikenal karena menjual kopi dengan harga yang mahal. Seperti contoh pada tahun 2017 lalu, kedai ini menjual secangkir kopi dengan harga 55 dollar atau setara dengan Rp800 ribu. Tak hanya minuman, mereka juga menjual kudapan ringan seperti kue muffin dan makanan manis lainnya.

Bagaimana, apa Teman Traveler rela mengeluarkan uang sebesar 1 juta rupiah untuk menikmati secangkir kopi terbaik ini?

Tags
Amerika Serika California Kedai Kopi Klatch Coffee Kopi 1 juta rupiah kuliner Luar negeri
Share