Traveling ke Pantai Gatra, Rame-rame Makin Asyik

Advertisement

Punya kesamaan hobi traveling, membuat sekumpulan anak muda di Malang ini membentuk komunitas Malang Traveller. Dari namanya saja sudah tergambar kan apa kegiatan mereka? Yap, di tanggal 22-23 Juli 2017 lalu, Malang Traveller melakukan perjalanan ke daerah selatan kota Malang. Pantai Gatra kali ini yang menjadi destinasi liburannya. Travelingyuk punya kesempatan untuk ikut traveling bersama komunitas ini. Siapa saja sih penggagas Malang Traveller dan apa saja keseruan di Pantai Gatra, simak catatan Travelingyuk berikut!

1. Para Travel Mania yang Penuh Semangat

Komunitas Malang Traveller

Malang Traveller adalah komunitas yang didirikan setahun belakangan, tepatnya pada tanggal 1 Februari 2016. Berawal dari empat orang yang hobi bertualang yaitu Sandyasa, Faizin, Dio dan Faldi kini anggotanya telah banyak dan sering mengadakan trip bareng. Sandyasa sendiri sebagai Ketua Komunitas, mengaku jika Malang Traveller juga terbuka untuk memberikan informasi seputar wisata pada traveler dari luar Kota Apel. Banyak puncak yang telah dijelajahi, deretan pantai sudah seperti rumah sendiri. Apalagi air terjun atau coban, sepertinya telah khatam didatangi.

Anggota Malang Traveller bersama turis asal Amerika setelah berbincang-bincang tentang Wisata di Malang

2. Liburan dan Nostalgia, Jadi Keseruan yang Tak Terlupakan

Malang Traveller di Gatra

Ella, salah satu anggota bahkan mengaku trip ke Gatra adalah liburannya yang paling seru semenjak bergabung dengan komunitas yang mengandalkan sosial media sebagai media untuk berbagai Informasi tersebut. Baginya, Malang Traveller memiliki ciri khas yang membedakan dengan komunitas lain. Untuk mengisi waktu, bukannya memperbanyak selfie tapi seru-seruan dengan bentengan, permainan tradisional yang saat ini sudah mulai dilupakan.

Komunitas Malang Traveller di Gatra

3. Menikmati Gatra, Bukan Sekadar Selera Tapi Panggilan Jiwa

Keindahan Pantai Gatra

“Kegiatan yang paling seru adalah trip ke Gatra  bareng crew Malang Traveller, apalagi anggota komunitasnya santai, supel dan terorganisir dengan baik,” kata Ella yang saat ini tercatat sebagai Mahasiswi Universitas Brawijaya. Bagi setiap anggota Malang Traveller, liburan bukan hanya tentang kamu mau ke mana, tapi pelajaran apa yang bisa didapatkan dari sana. Dan Pantai Gatra, mengajarkan bahwa merawat keindahan butuh usaha dan kemauan keras. Kamu juga bisa melihat keingdahan pantai Gatra di film Berangkat yang release di awal Agustus 2017.

Loket masuk Pantai Gatra

4. Gatra dan Malang Traveller, Sejoli yang Memikat Hati

Gatra dan Malang Traveller, Sejoli yang Memikat Hati

Pantai Gatra sebagai objek wisata di Malang yang saat ini tengah naik daun, tampil hendak menyaingi destinasi kelas dunia seperti Bali. Keyakinan tersebut bukannya tanpa dasar. Pengelola Pantai Gatra cukup ketat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Barang-barang yang berpotensi sampah dihitung dan harus dibawa kembali. Kalau sampai menghilangkan satu saja, siap-siap uang melayang untuk membayar denda. Hebatnya, kesadaran seperti itu juga melekat pada setiap anggota Malang Traveller. Terbukti, tidak ada sampah yang tertinggal. Bahkan sampah dikelompokan sesuai jenisnya. Jadi, akan memudahkan pihak pantai Gatra jika ingin melakukan daur ulang.

Sunset di Pantai Gatra

5. Perjalanan ke Pantai Gatra

Jalur Lintas Selatan

Pantai Gatra ada di Sendang Biru, Kecamatan Sumber Manjing Wetan atau di Malang bagian selatan. Jika berangkat dari pusat kota, butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Malang Traveller mengajak tim Travelingyuk berangkat via Jalur Lintas Selatan yang melewati Kecamatan Gondanglegi, kemudian menuju Bantur hingga perempatan sebelum Pantai Balaikambang. Setelah itu belok kiri hingga sampai di pertigaan sebelum pintu masuk Pantai Sendang Biru atau arah menuju ke Pantai 3 Warna.

Pantai Clungup dekat Pantai Gatra

6. Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Pantai Gatra masuk dalam kawasan konservasi mangrove Clungup. Jadi kamu tidak hanya sekadar senang-senang tapi juga bisa belajar tentang mangrove. Lebih baik datang saat pagi karena begitu siang area pantai akan surut dan menyisakan bebatuan. Karena akan berkemah, maka kami tiba saat sore. Beruntung, karena pesona sunset terpampang begitu indahnya.

Melihat bintang di Pantai Gatra

Ketika malam tiba kamu bisa melihat milkyway yaitu bintang di langit malam yang bertaburan. Bagaimana saat pagi hingga siang? Kamu bisa bernenang dan bermain kano. Ada tawaran perjalanan ke Pantai 3 Warna dengan melewati spot yang fotogenic yaitu Pantai Clungup, Gatra, Savana, Mini Raja Ampat, Batu Pecah, dan Bukit Wareng. Informasinya bisa kamu dapatkan di loket masuk.

Nama Tempat : Pantai Gatra
Lokasi :  Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
Telepon : 0812-3333-9889
Harga Tiket : Rp.10.000 / orang
Berkemah : Rp 25.000 / tenda
Parkir : Rp10.000 dan Rp.15.000 jika berkemah
Tarif Pemandu ke Pantai 3 Warna : Rp100.000.

Seru ya jalan-jalan bareng komunitas Malang Traveller, tidak kalah manis dari bulan madu pasangan paling romantis. Jika ingin tahu lebih banyak tentang mereka, langsung saja lihat instagramnya @malangtraveller.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur komunitas Malang pantai
Share