Main ke Kolam Retensi Sirnaraga Bandung, Bisa Mancing Sambil Lihat Pesawat Terbang Lewat, Gratis!

Advertisement

Pernah membayangkan bisa memancing ikan secara gratis dan sesekali melihat pesawat terbang lewat di atas kepala? Jika pernah, Teman Traveler bisa berkunjung ke kolam retensi Sirnaraga Bandung.

Tanpa dipungut biaya, warga bebas menyalurkan hobi memancingnya di sini. Keseruan mancing bersama-sama jadi atraksi andalan. Seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini!

1. Diresmikan 8 Januari oleh Walikota Bandung

Walikota Bandung Saat Meresmikan Kolam Retensi Sirnaraga via Instagram/ ganikurniawan75

Dilansir dari Detik.com, kolam retensi Sirnaraga Bandung diresmikan oleh Walikota Bandung, Oded M. Danial pada 08 Januari 2019 lalu. Kolam retensi ini memiliki luas sekitar 1.900 meter persegi.

Walikota dan Jajarannya Saat di Kolam Retensi Sirnaraga via Instagram/ ganikurniawan75

Kedalamannya mencapai 3-4 meter. Teman Traveler yang tinggal di sekitar Bandung, bisa berkunjung ke sini. Sekadar jalan-jalan atau mancing. Liburan tipis-tipis nggak harus mahal, kan?

2. Penampungan dan Rem Air yang Sekaligus Objek Wisata

Kolam Rem Air Sekaligus Objek Wisata via Instagram/ antarajabar

Kolam retensi Sirnaraga Bandung ini memiliki fungsi utama sebagai sarana penanganan banjir. Ia menampung serta menjadi rem air dari Sungai Citepus yang kerap menyebabkan banjir di beberapa lokasi di Kota Bandung. Dengan kedalaman 3 hingga 4 meter, kolam atau danau ini memiliki daya tampung hingga 3.335,26 meter kubik air.

Warga Ramai Memancing di Kolam Retensi Sirnaraga via Instagram/ antarajabar

Selain berfungsi sebagai sarana penanganan banjir, kolam ini juga memiliki fungsi wisata untuk warganya. Terutama bagi siapa pun yang hobi memancing. Sementara itu, pada musim kemarau nanti, ketika air mengering, dasar kolam bisa digunakan sebagai sarana olahraga.

3. Kolam Diisi Satu Kuintal Ikan Mas

Kolam Diisi Satu Kuintal Ikan Mas oleh Walikota Bandung via Instagram/ ganikurniawan75

Pada peresmian kolam retensi Sirnaraga, Walikota Bandung, Oded M. Danial menebar satu kuintal ikan mas menggunakan perahu karet. Ikan mas tersebut memang sengaja disebar untuk dipancing oleh warga.

Menjadi Pencegah Banjir Sekaligus Objek Wisata via Instagram/ fathiauqim

Selain ikan mas, Oded juga berencana akan menyebar ikan mujaer. Wah! Teman Traveler yang hobi mancing dan tinggal di sekitaran Bandung, bisa menyalurkan hobi ke sini ya!

4. Warga Bebas Mancing Sambil Lihat Pesawat Terbang Lewat

Mancing Sambil Lihat Pesawat Lewat via Instagram/ ganikurniawan75

Keseruan mancing ikan di kolam retensi Sirnaraga Bandung menjadi unik dengan keberadaan pesawat yang terbang rendah di atas kepala. Atraksi ini menjadi sesuatu yang menarik perhatian. Keberadaan pesawat-pesawat tersebut disebabkan karena kolam retensi berlokasi persis di belakang landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Proses Pembangunan Kolam Retensi Sirnaraga via Instagram/ ricofedelta

Sadar bahwa pariwisata bisa menjadi daya tarik sebuah daerah, sekaligus memperbaiki perekonomian, pembangunan kolam retensi Sirnaraga pun dibuat dengan banyak fungsi. Selain fungsi utama untuk mencegah banjir, tempat ini juga berguna sebagai sarana rekreasi warga.

Penasaran rasanya mancing ikan sambil lihat pesawat terbang lewat? Kalau liburan ke Bandung, mampir ke sini ya! Jangan lupa siapkan pancing dan umpan!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia kolam retensi sirnaraga bandung Wisata
Share