10 Kolam Berair Jernih di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Advertisement

Indonesia yang kaya akan wisata alamnya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang paling diminati adalah kolam-kolam yang dibentuk langsung oleh alam lengkap dengan air nan jernih sehingga Teman Traveler bahkan dapat melihat dasar kolam dengan sangat jelas. Lalu dimana saja sih kolam berair jernih tersebut berada? Simak list nya pada ulasan berikut ini yuk!

1. Gua Hawang, Maluku

Gua Hawang Maluku via Instagram @asriesydney

Maluku memang populer dengan beragam destinasi lautnya yang menawan, tapi tahukah Teman Traveler bahwa maluku juga memiliki destinasi gua yang punya air super jernih sehingga dasarnya pun terlihat. Gua Hawang terletak di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Letvuan, Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Suasana menyatu dengan alamnya buat pengalaman tak terlupakan!

2. Gua Kristal, Kupang

Gua Kristal Kupang via Instagram @nyonggalang

Gua Kristal berlokasi di Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bebatuan alami lengkap dengan air super jernihnya begitu sayang untuk Teman Traveler lewatkan jika berkesempatan untuk berlibur bersama keluarga. Tidak hanya berenang, bahkan mengambil foto di sini bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan. Meski butuh perjuangan yang tidak mudah untuk sampai di sini, namun indahnya kolam alami akan membayar lelah Teman Traveler.

3. Aek Manik, Simalungun

Aek Manik Simalungun via Instagram @oiabdillah19

Teman Traveler yang telah lama menetap dan suka menelusuri berbagai wisata alam di Sumatera pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata alam yang satu ini. Aek Manik yang berlokasi di Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara ini menjadi destinasi incaran untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Kolam alami berair jernih lengkap menyatu dengan alam hijau di sekelilingnya siap memanjakan mata Teman Traveler.

4. Blue Lagoon, Sleman

Blue Lagoon Sleman via Instagram @nur_margiyani

Teman Traveler sedang merencanakan liburan ke Sleman? Maka destinasi alam yang satu ini harus ada di list destinasi wisata alam yang akan Teman Traveler kunjungi. Blue Lagoon yang berlokasi di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta siap menyambut kedatangan Teman Traveler dengan kolam berair jernih yang dimilikinya.

5. Umbul Sidomukti, Bandungan

Umbul Sidomukti Bandungan via Instagram @putrimazayani

Umbul Sidomukti bukanlah nama yang asing lagi bukan bagi Teman Traveler? Iya, wisata alam yang berlokasi di Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini juga punya salah satu kolam berair jernih yang sangan sayang jika Teman Traveler lewatkan. Kolam renang yang berisikan air langsung dari pegunungan siap memberikan kesegaran dan mengistirahatkan tubuh Teman Traveler yang telah letih bekerja.

6. Gua Haji Mangku, Pulau Derawan

Gua Haji Mangku Pulau Derawan via Instagram @_seaskysun

Selain populer dengan keindahan alam bawah lautnya, Pulau Derawan juga memiliki destinasi alam lain yang juga wajib Teman Traveler kunjungi. Salah satunya adalah Gua Haji Mangku yang terletak kurang lebih 10 meter dari bibir Pantai Utara Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Wisata alam yang memiliki air super jernih ini ditemukan oleh Haji Mangku. Oleh karena itulah, gua ini juga diberikan nama yang sama dengan sang penemu. Menarik bukan?

7. Kedung Tumpang, Tulungagung

Kedung Tumpang Tulungagung via Instagram @_khayun

Pantai Kedung Tumpang yang berlokasi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini juga memiliki area yang begitu terkenal di kalangan wisatawan yakni kolam alami yang langsung dibuat oleh alam lengkap dengan air super jernih. Teman Traveler bisa berenang sembari melihat indahnya lautan dan suara deburan ombak yang begitu menenangkan pikiran. Jadi kapan berkunjung ke sini?

8. Sendang Mudal, Magelang

Sendang Mudal Magelang via Instagram @dianwib29

Kolam alami yang dibuat oleh alam berikutnya ada di Magelang tepatnya pada Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sumber air membuat kolam ini begitu menyegarkan untuk diselami. Sedang Mudal, itulah nama yang diberikan untuk destinasi alam yang berada ditengah hijaunya persawahan tersebut. Tidak heran jika banyak orang memilih tempat ini sebagai sarana rekreasi dengan keluarga.

9. Umbul Manigom, Simalungun

Umbul Manigom Simalungun via Instagram @imemcore

Simalungun merupakan sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang dapat ditempuh sekitar 5 jam perjalanan dari Medan. Pada kabupaten ini, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang dulunya terlantar namun kini jadi lebih bersinar. Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat destinasi ini justru banyak diincar untuk melepas penat. Tidak hanya itu, Teman Traveler yang hobi mengoleksi foto akan dimanjakan dengan alam Umbul Manigom yang menawan.

10. Mata Air Cimincul, Subang

Mata Air Cimincul Subang via Instagram @subangtraveler

Wisata Mata Air Cimincul berlokasi di Sukamelang, Kasomalang, Pasanggrahan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Mata air yang megisi kolam ini begitu jernih sehingga tidak sedikit wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto dalam air tersebut. Destinasi ini meledak di media sosial karena banyak yang memuji keselarasan alam yang langsung berdampingan dengan Mata Air Cimincul tesebut. Oleh karena itulah, selain berenang banyak juga yang mengabadikan momen di wisata alam ini.

Nah, itulah beberapa kolam yang memiliki air yang begitu jernih di Indonesia. Beruntung jika Teman Traveler berada dekat dengan salah satu destinasi tersebut. Bagi Teman Traveler yang tidak dekat dengan wisata alam tersebut mulailah merencanakan liburan bersama keluarga menuju beberapa kolam berair jernih tersebut dari sekarang!

Advertisement
Tags
Kolam Alami di Indonesia Kolam Berair Jernih di Indonesia
Share