Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho, Kopitiam Legendaris Jakarta yang Berusia 140 Tahun

Advertisement

Meminum kopi kini telah menjadi gaya hidup di Indonesia. Hal tersebut tampak dari banyaknya kedai kopi yang berkembang. Namun, ternyata tak sedikit kedai kopi yang telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Salah satu contonya adalah Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho yang telah berusia lebih dari satu abad. Tentu saja terdapat banyak hal menarik di dalamnya. Penasaran? Simak terus penjelasannya, ya.

Kedai yang Legedaris

Kedai yang Legedaris
Kedai yang Legedaris via Instagram/agivetrilestari

Warung Tinggi Tek Soen Ho atau yang lebih dikenal dengan nama Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho telah didirikan oleh Liauw Tek Soen sejak tahun 1878 di Jl. Moolen Vliet Oost yang sekarang telah berubah menjadi Jl. Hayam Wuruk dan telah menjadi kedai kopi tertua yang ada di Jakarta.

Konsep awal dari warung ini ternyata merupakan toko kelontong dan warung nasi. Memilih untuk berjualan kopi dikarenakan oleh banyaknya permintaan pelanggan. Walaupun sempat tutup karena peperangan yang terjadi antara Jepang dan Belanda, akhirnya warung ini kembali buka dan sekarang telah bertransformasi menjadi lebih modern seiring berkembangnya zaman.

200 Jenis Racikan Kopi

200 jenis racikan kopi
200 jenis racikan kopi via Instagram/iweanny

Angelica, penerus Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho menggandeng perusahaan OPCO Indonesia yang bergerak di bidang food & beverage. Karena termasuk kedai yang legendaris, tak heran hingga kini Koffie Warung Tinggi telah memiliki lebih dari 200 jenis racikan kopi. Dalam sebulan tempat ini bisa menjual lebih dari 10 hingga 20 ton kopi racikan dan telah di ekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan Amerika.

Dari sekian banyaknya racikan, namun yang menjadi andalan adalah kopi Excellence yang merupakan campuran biji kopi robusta dan arabica dari berbagai daerah di Indonesia. Seluruhnya dipilih dengan menggunakan tangan, satu persatu untuk mendapatkan racikan kopi terbaik. Tidak hanya Excellence yang menjadi primadona, beberapa di antaranya adalah House Blend untuk rasa yang lebih ringan, Kopi Jantan yang memiliki efek untuk meningkatkan vitalitas, dan Kopi Betina yang lebih disukai anak muda.

Suasana yang Nyaman

Suasana yang nyaman
Suasana yang nyaman via Instagram/the_quickers

Telah memilki banyak cabang, salah satu outlet yang ramai dikunjungi yaitu yang berlokasi di Grand Indonesia lantai 5, Jl. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat. Pelanggan sangat dibuat betah dengan suasana tempo dulu berpadu dengan interior modern. Selain itu, mereka juga dimanjakan dengan adanya sofa kuno dan klasik yang berjejer di sini. Hal menarik dari Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho ini adalah pajangan beberapa barang-barang klasik sebagai hiasan. Tampilan modern klasik ini diperkuat dengan adanya dekorasi berupa rak-rak kopi, kursi, dan meja dengan material kayu.

Menu yang Beragam

Menu yang beragam
Menu yang beragam via Instagram/revacaroline

Dikenal dengan pilihan kopinya yang beragam, Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho juga memiliki bermacam-macam menu yang patut untuk dicoba. Mereka menyediakan menu makanan Belanda-Indonesia-China, sehingga pelanggan bisa menemukan menu pancake, martabak, bitterballen (bola daging dengan kulit yang renyah), kue cubit, siomay, dan lain-lain. Untuk menikmati hidangan di sini, Teman Traveler harus merogoh kocek mulai dari Rp25.000 untuk menu kopinya dan Rp30.000 untuk makanannya.

Nah, jadi itulah informasi singkat seputar kedai kopi tertua yang ada di Jakarta yaitu Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho. Pecinta kopi wajib merasakan sendiri keistimewaan dari racikan-racikannya. Bagaimana, sudah siap dibawa terbang karena kopi dari Warung Tinggi?

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat kuliner kuliner jakarta warung tinggi tek sun ho
Share