Kopi Es Tak Kie, Kedai Legendaris di Jakarta dari Tahun 1927

Isti

Isti

On Indonesia
Kopi Es Tak Kie Kopi Es Tak Kie

Kafe kekinian dengan aneka menu menggiurkan di Jakarta tak terhitung jumlahnya. Rasanya setiap hari ada saja tempat baru yang langsung menghebohkan pencinta kuliner. Pun banyak yang baru, kedai legendaris di Jakarta masih mudah ditemukan. Salah satunya Kopi Es Tak Kie yang berada di Kawasan Glodok. Lalu apa keunikan dari kedai ini? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini.

Kedai yang Hampir Berumur Seabad

Kedai Kopi Es Tak Kie
Kedai Kopi Es Tak Kie via instagram/@deddyhuang

Kedai Es Tak Kie yang didirikan oleh Liong Kwie Tjong ­­­ini berada di Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III No.4-6, Glodok. Berdiri tahun 1927, nama kedai tersebut memiliki arti tersendiri. ‘Tak’ yaitu orang bijaksana, sederhana, dan tak macam-macam, sedangkan ‘Kie’ artinya mudah diingat. Tempat ngopi sebenarnya baru menempati kedai di Gang Gloria setelah diteruskan oleh generasi keduanya yang bernama Liong Tjoen.

Racikan Kopi dari Tahun 1976

Menu es kopi tak kie
Menu es kopi tak kie via instagram/@jacksenmenardi

Setelah dikelola oleh Liong Tjoen, Es Tak Kie baru diwariskan kepada anaknya yang bernama Ayauw. Masih mengandalkan bangunan serta interior klasik, tapi Ayauw membuat inovasi di dalam menu yang ditawarkan. Menu tersebut berupa menggabungkan beberapa jenis kopi dalam satu wadah. Dari menu tersebut, terciptalah nama Es Kopi Tak Kie yang awalnya hanya Tak Kie. Hingga saat ini, baik bangunan maupun menu masih dipertahankan. Termasuk papan nama serta ornamen yang ada di dinding.

Varian Kopi dengan Aroma Menggoda

Varian kopi di Tak Kie
Varian kopi di Tak Kie via instagram/@screamsandwich

Meski usianya hampir seabad, varian kopi yang disajikan di kedai ini hanya dua. Pilihannya hanya kopi hitam dan kopi susu yang disajikan dengan atau tanpa es. Tak perlu khawatir, rasa kedua jenis kopi ini tak mengecewakan. Biji kopi pilihannya diketahui Arabika dari Lampung. Aromanya pun bakal membuat Teman Traveler tergoda. Jika datang di siang hari, pilihlah es kopi susu yang bisa menyegarkan tenggorokan. Rasanya pas, termasuk tambahan susu kental manis dalam gelas panjangnya.

Kudapan Istimewa di Kedai Tak Kie

Kedai kopi legendaris di Jakarta
Kedai kopi legendaris di Jakarta via instagram/@stvnchen

Tidak hanya menyediakan kopi, kedai legendaris yang jadi favorit banyak kalangan ini juga menyediakan beberapa kudapan dan makanan berat. Ada pangsit kuah, pangsit goreng, nasi campur, nasi campur, bakso, hingga bacang. Beberapa menu ada yang non halal, jadi untuk teman traveler yang muslim sebaiknya bertanya terlebih dulu sebelum memesan kudapan istimewa di sini. Nah, sedangkan harga menu di sini berkisar antara Rp3.000-Rp45.000.

Nah, itulah ulasan tentang Kedai Kopi Tak Kie di Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat. Bagaimana, sudah pernah mencoba ngopi di sini?