Koffie Fabriek Aroma, Menikmati Cita Rasa Kopi Tertua di Kota Bandung

Di Bandung, Teman Traveler tak akan hanya menemukan tempat wisata alam kekinian. Tapi juga tempat bersejarah yang bercampur dengan kuliner legendaris. Salah satunya adalah Koffie Fabriek Aroma yang menghasilkan kopi tertua di Bandung. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Didirikan Tahun 1930

Koffie Fabriek Aroma didirikan oleh Tan Houw Sian pada tahun 1930. Sejak awal toko kopi ini memiliki area pabrik yang hingga hari ini semua produksinya masih terus dipertahankan.

koffie fabriek aroma
Toko kopi tampak depan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sudah menjadi rahasia umum, di pabrik ini, biji-biji kopi yang telah dijemur dan dimasukan ke dalam karung goni, sudah tersimpan beberapa tahun lamanya. Seperti jenis Arabika yang disimpan hingga 8 tahun dan Robusta mencapai 5 tahun. Ini dilakukan untuk menghilangkan kadar keasaman.

Lokasi Toko dan Pabrik Kopi

koffie fabriek aroma
Tulisan peresmian toko dan pabrik (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler penyuka kopi, wajib sekali datang ke tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Banceuy 51, Kota Bandung. Toko sekaligus pabrik yang diresmikan tahun 2018 ini sekarang juga dijadikan sebagai bangunan cagar budaya.

Selalu Ada Antrian Panjang Setiap Hari

koffie fabriek aroma
Antrian panjang pembeli (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hampir setiap hari Toko Kopi Aroma selalu dipenuhi pelanggan setianya. Sangat tidak mengherankan, karena Koffie Fabriek Aroma ini tidak membuka cabang di tempat lain. Bahkan tidak menjual kopinya secara online. Menariknya lagi, siapa saja yang membeli kopi ini dibatasi bobotnya. Setiap pembeli hanya boleh membawa kopi sebanyak 3 kg.

Masih Menggunakan Peralatan Kuno

Mesin giling kuno (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tak hanya bangunan, alat untuk mengolah kopi pun masih menggunakan mesin giling zaman kolonial Belanda. Mesin yang digunakan untuk roasting berasal dari Jerman yang menggunakan kayu bakar. Teman Traveler dapat melihatnya di balik jendela saat mengantre membeli kopi.

Hanya Menjual 2 Jenis Roasted Beans

Mokka Arabika (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di sini hanya menyediakan dua jenis roasted beans. Adalah biji kopi Mokka Arabika dan Robusta. Walaupun hanya dua, tapi kalian bisa request tingkat kehalusannya. Seperti fine grind (halus), medium grind (giling medium), french press dan coarse grind (giling kasar).

Bagaimana, sangat menarik kan Koffie Fabriek Aroma satu ini? Selain menyediakan kopi, di sana juga terdapat pabriknya juga. Nah, bagi kalian pecinta kopi, wajib sekali untuk mampir ke sini, ya.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Koffie Fabriek Aroma kuliner
Share