Petugas Bandara Bangkok Curi Uang Turis, Di Indonesia Pernah Ada yang Mirip

Kabar mencengangkan muncul dari dunia penerbangan belum lama ini. Petugas bandara Bangkok kedapatan mencuri uang turis dan aksinya tersebut terekam jelas lewat kamera CCTV. Semua bermula dari seorang turis asal Tiongkok yang mendarat di Bandara Suvarnabhumi. Ia menjalani pemeriksaan sinar X, namun setelah tasnya dicek, sang turis mendapati uangnya senilai 4 ribu yuan (sekitar Rp8,6 juta) raib dari tasnya. Setelah diselidiki, uang tersebut ternyata ada di kantong celana petugas bernama Busakorn Somkwamdee, yang sudah bekerja di bandar selama dua tahun.

Kisah Somkwamdee tersebut mengingatkan pada sejumlah kejadian serupa yang pernah terjadi di Indonesia. Beberapa petugas bandara di Tanah Air pun juga sempat berulah nakal dan meresahkan penumpang, berikut TravelingYuk sajikan beberapa kisahnya.

1. Petugas Kargo Curi Paket di Lombok

Januari 2016 silam, petugas kepolisian Lombok menangkap total delapan orang petugas kargo di Bandara Internasional Lombok. Mereka ketahuan mencuri puluhan HP yang merupakan barang kiriman. HP yang dicuri tersebut mulanya akan dikirim ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ilustrasi paket dikirim via udara via Instagram warrengloballogistics

Namun sebelum bisa sampai ke tempat tujuan, para petugas kargo nakal membongkar paket yang ada di dalam gudang. Polres Lombok Tengah kemudian menjelaskan adanya kemungkinan keterlibatan oknum lain di bandara untuk memuluskan aksi tak terpuji ini. Masyarakat kemudian dihimbau lebih berhati-hati dalam mengirim barang.

2. Petugas Bandara Bongkar Paket HP di Cengkareng

Ilustrasi petugas bandara via Instagram robbietodd

Kejahatan dengan modus mirip juga pernah terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2017 silam. Polisi menciduk tiga orang petugas bandara yang ketahuan mencuri paket berisi handphone di gudang kargo. Ketiga petugas tersebut sama-sama bekerja di shift malam. Menjelang subuh, mereka kemudian masuk ke gudang penyimpanan barang dan membongkar sebuah paket yang sejatinya akan dikirim ke Denpasar, Bali.

Menurut pernyataan Polres Bandara Soekarno-Hatta, ketiga pelaku sudah dua kali melakukan pencurian. Semua aksi dijalankan di malam hari. Satu orang bekerja sebagai security di bandara dan bertugas mengawasi keadaan sekitar selama aksi kriminalitas tersebut berlangsung.

3. Tas mahal penumpang Lion Air hilang

Ilustrasi koper penumpang pesawat via Instagram chanchanonline

7 Maret 2018, seorang penumpang Lion Air bernama Elida Sianturi membuat unggahan video di akun Facebook-nya. Dalam rekaman tersebut, Elida melayangkan protes atas pelayanan maskapai penerbangan berlogo kepala singa. Elida menyebutkan bahwa koper miliknya kembali dalam kondisi tidak utuh usai penerbangan. Ada seseorang yang membobolnya dan setelah diperiksa, tas senilai 1,5 juta yang baru ia beli raib tak berbekas.

Elida tak terima kopernya rusak via Facebook Elida Sianturi

Video ini mendapat cukup banyak perhatian dari para warganet dan menjadi perbincangan hangat. Sementara itu, para petugas bandara yang ada di dalam rekaman tampak tak bisa memberikan solusi atau jawaban memuaskan atas musibah yang dialami Elida.

4. Pesawat Delay, Bagasi Penumpang Rusak

Ilustrasi koper via Instagram gloria.tas

Semuanya bermula dari pengumuman pihak Lion Air terkait delay penerbangan dari Kualanamu, Medan ke Soekarno-Hatta, Jakarta pada 13 Januari 2018. Pesawat yang sedianya lepas landas pukul 18.20, baru berangkat pada 20.00. Begitu mendarat di Cengkareng, sejumlah penumpang dibuat terkejut dengan kondisi bagasi mereka. Banyak yang mengalami kerusakan. Setelah diperiksa, tak sedikit yang mengaku kehilangan barang berharga.

Ada yang kehilangan ijazah SMA, uang, bahkan perhiasan. Para penumpang tersebut kemudian hanya bisa pasrah ketika mereka mengadu ke pusat layanan bandara dan direkomendasikan untuk membuat surat keterangan hilang ke polisi.

Itulah tadi sejumlah kisah petugas bandara nakal yang sempat terjadi di Indonesia. Pernah mendengar kejadian yang lebih mengejutkan lagi? Sampaikan di kolom komentar yang ada di bawah, ya!

Tags
Indonesia Thailand
Share