Keuntungan Lewat Jalan Non Tol, Mudik Nyambi Kulineran

Selalu ada jalan buat mudik, termasuk pilihan rutenya. Misalnya saja memilih jalur non tol, seperti jalur Pantura alias Pantai Utara atau Pansela yaitu Pantai Selatan. Terdapat sejumlah keuntungan buat Teman Traveler yang memilih lewat jalan non tol tersebut. Apa saja, ya? Yuk, disimak ulasan berikut.

Nyambi Kulineran Pinggir Jalan

Ilustrasi Nyambi Kulineran Pinggir Jalan via Shutterstock
Ilustrasi Nyambi Kulineran Pinggir Jalan via Shutterstock

Lewat jalan non tol bisa jadi keuntungan buat Teman Traveler yang suka kulineran. Walaupun tujuan perjalanan tersebut adalah supaya bisa cepat sampai kampung halaman, tapi boleh juga nyambi kulineran. Tidak usah jauh-jauh dari jalur mudik, cukup banyak kuliner legendaris di pinggir jalan yang bisa Teman Traveler singgahi.

Mampir ke Toko Oleh-oleh

Ilustrasi Mampir ke Toko Oleh-oleh via Shutterstock
Ilustrasi Mampir ke Toko Oleh-oleh via Shutterstock

Kelupaan beli oleh-oleh buat sanak saudara di kampung halaman? Tidak usah khawatir! Ada untungnya lewat jalan non tol, nih, sekalian mampir ke toko oleh-oleh. Tempat tersebut memang banyak dibuka di pinggir jalan, demi mempermudah pemudik yang dalam perjalanan perlu beli suvenir. Bahkan tidak sedikit yang sekalian menyediakan parkir super luas. Sehingga sekalipun naik bus, bisa tetap mampir tanpa bingung parkir.

Bisa Melaju Lebih Santai

Keuntungan Lewat Jalan Non Tol
Ilustrasi Bisa Melaju Lebih Santai via Shutterstock

Keuntungan selanjutnya kalau lewat jalan non tol adalah Teman Traveler tidak perlu merasa diburu waktu. Mobil dapat melaju lebih santai. Tinggal menyesuaikan ingin kecepatan berapa. Tidak perlu merasa diburu oleh mobil-mobil yang lain.

Kalau Capek Bisa Langsung Istirahat

Capek di perjalanan adalah hal yang wajar. Nah Teman Traveler yang lewat jalan non tol, bisa langsung melipir kalau mulai merasa lelah. Tidak perlu repot-repot mencari rest area. Begitu lihat ada musala atau warung kecil, langsung saja ke sana.

Nggak Usah Bayar Biaya Tol

Ilustrasi Nggak Usah Bayar Biaya Tol via Shutterstock
Ilustrasi Nggak Usah Bayar Biaya Tol via Shutterstock

Keuntungan selanjutnya kalau lewat jalan non tol adalah tidak perlu bayar tarif tol, yang cenderung menguras kantong. Apalagi kalau durasi perjalanannya cukup jauh, seperti dari Jakarta ke Surabaya. Bisa-bisa uang THR habis untuk bayar biaya tol.

Lebih Bebas Cari Fasilitas Pendukung

Keuntungan Lewat Jalan Non Tol
Ilustrasi Lebih Bebas Cari Fasilitas Pendukung via Shutterstock

Teman Traveler yang lewat jalan non tol tidak perlu bingung cari sarana pendukung mudik. Seperti pom bensin, ATM, tempat makan, masjid, maupun toilet umum. Sebab fasilitas tersebut banyak tersebar di pinggir jalan. Teman Traveler dapat memanfaatkan maps online untuk melihat keberadaan fasilitas tersebut.

Itulah setidaknya 6 keuntungan kalau Teman Traveler mudik lewat jalan non tol. Lebih suka melalui jalur mana kalau pulang kampung?

Tags
Akomodasi Indonesia Jalan Non Tol Mudik 2019
Share