Deretan Keunikan Barrang Lompo yang Tersembunyi, Mampu Bikin Wisatawan Terpana

Advertisement
Advertisement

Pulau Barrang Lompo merupakan salah satu dari gugusan Kepulauan Spermonde. Berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, tempat ini menawarkan pesona yang mampu membuat mata kalian terbelalak. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini!

Cara Menuju ke Pulau

dsc02214_Xrn.JPG
Menyelam di Pulau Barrang Lompo (c) AMI kun/Travelingyuk

Kita dapat menuju ke Pulau Barrang Lompo menggunakan kapal penumpang yang ada di Dermaga Kayu Bengkoa di Makassar. Perjalanannya memakan waktu hingga 30 menit. Bagi kalian yang ingin ke sini dan takut akan ombak, tenang saja! Perahunya sudah terjamin kuat dan kokoh, aman dari segala jenis gelombang.

Sarana yang Lengkap dan Memadai

dsc01861_F5b.JPG
Duduk bersama di Marine Station di pulau Barrang Lompo (c) AMI kun/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menginap di sini, bisa loh! Kalian bisa singgah di Marine Station dengan harga sangat terjangkau. Fasilitas di sana juga sudah memuaskan. Ada ATM, foodcourt, hingga tempat ibadah. Serba lengkap dan terjamin kebersihannya!

Pemandangan Bawah Laut yang Menawan

dsc02158_Yjx.JPG
Foto Terumbu Karang di Pulau Barrang Lompo (c) AMI kun/Travelingyuk

Di sini terdapat diving spot favorit untuk menyelam sendiri ataupun teman sebaya. Kalian bisa bertanya ke lembaga selam terdekat. Salah satunya adalah MSDC-UH (Marine Science Diving Club – Universitas Hasanuddin). Lokasinya ada di di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Departemen Ilmu Kelautan.

Sikap Warga Pulau Barrang Lompo

dsc02160_24I.JPG
Warga pulau sedang membantu tim penyelam (c) AMI kun/Travelingyuk

Penduduk yang bermukim di sini terkenal dengan keramahannya, loh! Bagi Teman Traveler yang tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kehidupan sosio-ekonomi masyarakat pesisir, tempat ini salah satu yang terbaik.

Nah, ada 1 destinasi unik di sini, namanya Lorong Janda. Nama ini muncul akibat dulu ada sebuah peristiwa memilukan, di mana suami seorang tokoh wanita penting meninggal tenggelam. Untuk menghormati sang istri yang berduka, dinamakanlah demikian.

Lokasi Budidaya Kima si Kerang Raksasa

img_20190511_164920_flb.jpg
Warga pulau yang Membudidayakan KIMA (c) AMI kun/Travelingyuk

Keunikan lain dari pulau eksotis ini adalah menjadi tempat budidaya binatang laut bernama kima. Kima sendiri adalah kerang raksasa yang hidup di perairan Makassar. Kalau Teman Traveler mau belajar tentang budidaya kima, tenang, para pegawai di sana siap membantu kalian.

Itulah tadi pesona Pulau Barrang Lompo yang tak boleh kalian lewatkan. Jadi tunggu apalagi, yuk segera siapkan liburan serumu ke sini!


Advertisement
Tags
Barrang Lompo Indonesia kontributor Makassar Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share