4 Fenomena Kesurupan di Tempat Wisata, Bikin Merinding Para Pengunjung

Tujuan untuk datang ke tempat wisata adalah ingin menghibur diri dari kepenatan sehari-hari. Namun, terkadang hal ini tidak berjalan sesuai ekspektasi. Misalnya ada kerabat atau orang lain yang kesurupan di tempat wisata. Bisa karena tidak sengaja atau memang telah berbuat usil di tempat wisata tersebut.

Siswa sekolah kesurupan karena geser batu di Candi Borobudur

kesurupan di tempat wisata
Kesurupan di Candi Borobudur via instagram/
galib.reza

Di tahun 2016 lalu, puluhan siswa asal Tangerang kesurupan sehabis bertandang ke Candi Borobudur. Membuat panik, para guru pun memanggil orang dengan kelebihan khusus untuk menelusuri penyebabnya.

Selidik punya selidik, ternyata kesurupan ini diakibatkan oleh salah satu murid yang menggeser batu di candi ternama itu. Akhirnya, siswa yang bersangkutan itu pun dibawa ke Candi Borobudur pada jam satu dini hari untuk membetulkan letak dari batu tersebut. Kesurupan pun akhirnya reda setelah batu diletakkan dengan benar.

Kerasukan karena ambil batu di Candi Prambanan

kesurupan di tempat wisata
Kesurupan di Candi Prambanan via instagram/
tintimruivo

Tak jauh berbeda dengan kejadian sebelumnya, ada puluhan siswa SMKN 4 Tangerang yang kesurupan ketika datang ke hotel tempat mereka menginap. Awalnya hanya satu orang, namun lama kelamaan menjadi menular ke beberapa murid.

Singkat cerita, setelah diselidiki ternyata ada beberapa siswa yang tidak sengaja mengambil batu di sekitar Candi Prambanan. Sebab, menurut mereka itu hanyalah batu biasa. Alhasil, mereka harus mengembalikan batu tersebut yang disertai dengan minta maaf kepada makhluk tak kasat mata sekitar.

Kemasukan makhluk halus yang tak diketahui penyebabnya di Lereng Hijau Gunung Bulu Dua

Kesurupan di Lereng Hijau Gunung Bulu Dua via instagram/
tamanwisatalerenghijau

Bagi warga Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan pasti tidak asing dengan seramnya Lereng Hijau Gunung Bulu Dua. Ya, tempat ini sering kali dikaitkan dengan keberadaan makhluk halus lantaran letaknya yang berada di lereng gunung. Maka dari itu, banyak pengunjung yang kesurupan karena ulah dari si tak kasat mata.

Salah satunya MR yang di tahun 2016 lalu tiba-tiba kerasukan sehingga mengejutkan semua wisatawan yang ada di sana. Kesurupan mereda setelah MR dirukyah oleh salah satu pemuka agama yang ada di sekitar Lereng Hijau Gunung Bulu Dua.

Wisata Lubang Buaya yang sempat membuat bule kesurupan

Kesurupan di Lubang Buaya via instagram/
marvina_13

Seperti yang teman traveler tahu, kalau Lubang Buaya merupakan tempat wisata bersejarah dengan kisah tragis di dalamnya. Dari hal tersebut sudah bisa dipastikan jika setiap orang yang berkunjung ke salah satu wisata Jakarta tersebut harus berperilaku sopan. Apabila melanggarnya, akan ada risiko yang mengancam.

Terbukti dengan apa yang dialami seorang bule beberapa tahun lalu. Ketika ia mendekat ke sumur lubang buaya, dirinya langsung terbawa terbahak-bahak dan kemudian menyanyikan Lagu Genjer-genjer. Setelah disadarkan, terungkaplah bahwa penyebab kesurupannya karena ia mengejek daerah Lubang Buaya beserta pahlawan yang gugur.

Begitulah cerita kesurupan yang ada di berbagai tempat wisata. Berdasarkan cerita di atas, bisa disimpulkan kalau hampir semuanya disebabkan karena tingkah laku dari pengunjung sendiri. Oleh karena itu, supaya tidak terjadi lagi, teman traveler wajib menaati aturan yang ada di tempat wisata tersebut.  

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Tengah kesurupan di tempat wisata Sulawesi Selatan Wisata Yogyakarta
Share