Gili Trawangan Dimanjakan dengan Buaian Keasrian

Berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil nan eksotis. Banyak sisi menarik yang rasanya takkan habis dibicarakan. Gili dalam Bahasa Sasak berarti pulau kecil. Total ada tiga gili yang berjajar di utara Lombok, yakni Gili Air, Meno Trawangan. Nama yang terakhir disebut merupakan terbesar dan memiliki fasilitas terlengkap untuk memanjakan wisatawan.

Perjalanan Menuju Pulau Trawangan

Wisatawan bersiap menyebrang menuju Gili Trawangan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang menempuh perjalanan via udara, pesawat bakal mendarat di Bandara Internasional Lombok. Jaraknya ke Gili Trawangan sekitar 62 kilometer, bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih satu jam 30 menit melalui rute bypass Mataram-Senggigi-Malimbu-Pemenang Teluk Nare atau Pelabuhan Bangsal.

Wisatawan berada di dalam boat (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Perjalanan kemudian dilakukan dengan menyebrang menggunakan boat dari Teluk Nare atau Bangsal. Waktu perjalanan kurang lebih 15-20 menit. Begitu sampai, Teman Traveler langsung bisa menikmati indahnya sekitar sepuasnya.

Ramah Lingkungan Berkat Cidomo

Kendaraan tak ada yang menggunakan motor/mesin (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu kaget jika tak menemukan satu pun kendaraan bermesin/motor di sini. Hal ini sudah menjadi peraturan masyarakat, demi memelihara kondisi lingkungan. Namun jangan khawatir, kalian masih bisa menyewa sepeda kayuh untuk berkeliling pulau sembari menikmati keindahan sekitar.

Selain sepeda kayuh, transportasi lain yang juga jadi andalan di sini adalah cidomo. Transportasi yang memanfaatkan tenaga kuda ini hampir mirip dengan delman atau andong di Jawa. Bedanya, alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo memakai roda mobil bekas.

Pesona Alam Luar Biasa

Sunset di tepi pantai (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Bukan hanya relatif minim polusi, pulau ini juga menyajikan keindahan alam luar biasa mempesona. Teman Traveler bisa mengagumi indahnya matahari terbit dan tenggelam di satu lokasi. Sangat cocok buat kalian yang hobi menikmati suasana fajar maupun senja.

Gili Trawangan menjelang matahari terbenam (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Anugrah alam yang begitu indah di Gili Trawangan berpadu manis dengan pengelolaan jempolan dari pihak terkait. Tak heran jika tingkat kunjungan wisatawan di sini cukup tinggi, baik lokal maupun mancanegara. Suasana sekitar sengaja dikonsep mirip barisan pantai di Hawaii, dengan deretan kafe di kawasan pesisir.

Kerap Ramai dan Padat Wisatawan

Suasana di sekitar jalan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Aktivitas di Gili Trawangan biasa mencapai puncaknya antara siang hingga tengah malam. Suasana bakal mulai sepi sekitar pukul 03.000 dan bakal ramai kembali begitu matahari mulai bersinar.

Tak hanya menikmati keindahan alam, di wisata Lombok ini Teman Traveler juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik seperti diving dan snorkeling. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Jadi, kapan kalian berencana habiskan liburan di Gili Trawangan?

Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share