Kesegaran Sendang Maren Magelang, Mata Air Alami Sejernih Kaca

Advertisement

Gemercik air jernih pegunungan terdengar jelas ketika berkunjung ke Sendang Maren, di Dusun Semaren, Sawangan, Kabupaten Magelang. Suasananya asri dengan pepohonan besar di sekitarnya. Awalnya Tak banyak orang yang tahu tentang Sendang Maren karena memang tidak terkonsep sebagai wisata. Sendang tersebut dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang. Digunakan sebagai sumber mata air untuk beberapa wilayah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

View didalam air sendang Maren yang menakjubkan. Foto via instagram @humayraaprilla

Oleh warga sekitar sejak dulu digunakan mandi dan berenang. Belakangan setelah viral di media sosial beberapa orang dari luar kota bahkan luar provinsi datang ke Sendang Maren. Mereka penasaran dengan sensasi berenang di sendang yang dikatakan airnya sejernih kaca itu. Memang sangat jernih hingga dasar sendang yang terlihat dengan jelas. Meski kedalaman yang lumayan dalam untuk pengunjung yang tidak bisa berenang, namun bebatuan, ikan dan beberapa tanaman bawah air sangatlah terlihat.

Karena berada di bawah naungan PDAM, masyarakat sekitar pun tidak bisa mengembangkannya sebagai wisata desa. Pengunjung tidak dikenakan tarif masuk sendang. Hanya membayar parkir kendaraan yang dikelola oleh warga sekitar. Tarif parkir juga sangatlah murah meriah, cukup Rp. 2.000 rupiah saja sudah bisa menikmati kesegaran sendang tersebut. Memang tak seramai wisata lainnya, namun saat hari libur beberapa warga setempat mendirikan warung kecil-kecilan untuk pengunjung yang membutuhkan jajanan hingga minuman. Hal tersebut dapat membantu warga untuk mendapatkan tambahan dari mata pencahariannya.

Kesegaran sendang Maren dengan kejernihan yang luar biasa. Foto via instagram @tri_action

Sebenarnya warga pun juga berencana mendirikan beberapa bangunan di sekitar sendang, namun tidak mendapat persetujuan, sehingga mengurungkan niatnya tersebut. Meski begitu warga Dusun Semaren tetap ikut membersihkan lokasi sendang maupun menata tempat parkir untuk pengunjung yang datang. Ketinggian air di Sendang Maren kurang lebih 2 meter. Kata Nurdiyanto para pengunjung dari luar daerah biasanya berfoto di dalam air yang jernih sambil membawa beragam properti.

Sendang Maren adalah sumber milik Jasa Tirta. Foto via @danarsibolang_

Sementara dikala sore hari, banyak warga setempat yang berdatangan hanya untuk mandi sore. Meski dirumah juga sudah ada kamar mandi, namun mandi di sendang ini memiliki sensasi yang sangat menyegarkan.

Advertisement
Tags
Perum Jasa Tirta Wisata Alam Magelang
Share