Ada Trans Sulawesi, Empat Destinasi Wisata Ini Semakin Mudah Dikunjungi

febri rama

febri rama

On Indonesia
Celebes Canyon Celebes Canyon

Kabar gembira untuk Sulawesi karena proyek pembangunan rel kereta api tahap pertama akan segera rampung. Jalur yang panjangnya mencapai 44 kilometer tersebut menghubungkan Barru Kota dan Palanro. Tentu saja akan ada banyak manfaat yang akan diterima masyarakat, seperti semakin mudahnya akses menuju ke tempat wisata. Saat beroperasi Oktober 2018 nanti, kamu bisa ke beberapa tempat liburan berikut ini dengan naik Trans Sulawesi.

1. Air Terjun Sarang Burung

Air Terjun Sarang Burung
Air Terjun Sarang Burung via Instagram/@4rifin_12

Stasiun Kabupaten Barru dekat dengan berbagai tempat wisata, salah satunya adalah Air terjun Sarang Burung. Letaknya sendiri ada di Binuang, kecamatan Balusu. Dinamakan begitu mungkin karena ada banyak burung di sekitar air terjun. Kicauannya yang bersautan adalah hiburan tersendiri. Seakan-akan alam bersuara untukmu. Pesona lain dari wisata Kabupaten Barru ini adalah bentuknya yang bertingkat. Belum lagi airnya jernih dan menyegarkan.

Air Terjun Sarang Burung
Air Terjun Sarang Burung via Instagram/@eloe_elu

2. Celebes Canyon

Celebes Canyon
Celebes Canyon Via @imamkarunia

Sungai Ule di Kabupaten Barru mengalirkan kesegaran yang tak akan mampu kamu tolak. Lihat dari foto saja, bisa membuatmu penasaran untuk datang berkunjung. Apalagi jika kamu bertandang ke Celebes Canyon yang dilalui aliran Sungai Ule tersebut. Tempat wisata ini berjarak 18 km dari Air Terjun Sarang Burung dan tentu saja dekat dengan stasiun Trans Sulawesi. Secara administratif letak Celebes Canyon ada di Libureng, Kecamatan Tanete Riaja. 

Celebes Canyon
Celebes Canyon via Instagram/@tiwyamin

3. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan
Pulau Dutungan via Instagram/ @jhify182

Pulau Dutungan berada di Palanro, wilayah yang dilewati jalur kereta trans Sulawesi tahap pertama. Dari stasiun yang saat ini hampir rampung, kamu bisa menuju ke dermaga Tanjung Indah. Setelah itu naik perahu menuju ke Pulau Dutungan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari santai di tepi pantai hingga memancing ikan.

Pulau Dutungan
Pulau Dutungan via Aneka Wisata Nusantara

4. Air Terjun To Magelli

Air Terjun To Magelli
Air Terjun To Magelli via Instagram/ @pajokka_santai

Destinasi yang satu ini juga tidak begitu jauh dari Air terjun Sarang Burung. Jadi dalam satu hari kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seru di Kabupaten Barru. Letaknya sendiri ada di daerah Kamiri, Pesonanya begitu mengagumkan mengingat To Magelle adalah air terjun yang cukup tinggi dengan aliran deras menutupi tebing. Belum lagi ada pepohonan rindang membuat udara di sekitarnya jadi lebih sejuk.

Air Terjun To Magelli
Air Terjun To Magelli via Barru.Org

Jika nanti seluruh rangkaian rel Trans Sulawesi rampung, maka akan ada lebih banyak lagi tempat wisata yang aksesnya semakin mudah. Biaya perjalananmu jadi lebih murah. Tidak sabar kan menunggu keretanya beroperasi secara resmi?