Kereta Api Indonesia Begitu Nyaman, di Bangladesh Bikin Jantungan!

Kereta api menjadi salah satu sarana transportasi yang disukai karena murah meriah. Liburan naik kereta api juga lebih nyaman lantaran fasilitasnya yang menyenangkan. Bertahun-tahun, PT. KAI sudah banyak berbenah agar transportasi jalur darat ini bisa lebih layak untuk dipakai. Hasilnya, sekarang kereta di negara kita makin modern dan berkembang. Dibandingkan dengan Bangladesh, kamu pasti akan bersujud syukur karena tidak perlu uji nyali begini :

1. Bangladesh merupakan salah satu negara terpadat di Asia Selatan. Dan kawasan yang dibanjiri oleh lautan manusia adalah Dhaka, ibukota negara.

Negara Terpadat di Asia Selatan
Negara Terpadat di Asia Selatan [image source]

2. Seperti Indonesia, Bangladesh juga termasuk negara berkembang. Banyak usaha peningkatan taraf hidup mulai dari pemberantasan buta huruf, penyetaraan gender dalam sekolah hingga pengurangan pertumbuhan penduduk dilakukan oleh pemerintah.

Bangladesh negara berkembang
Bangladesh negara berkembang [image source]

3. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai petani. Tapi, tak sedikit yang menjadi buruh di perusahaan garment kota Dhaka.

buruh pabrik
buruh pabrik [image source]

4. Salah satu sarana yang digunakan oleh warga pinggiran untuk bekerja ke Dhaka adalah kereta api. Ya, ribuan orang menggunakan kereta sebagai kendaraan utama lantaran sistem manajemen transportasi yang buruk.

Ribuan orang di stasiun
Ribuan orang di stasiun [image source]

5. Sejak tahun 90-an, Bangladesh mengalami peningkatan jumlah turis. Sebagian besar dari mereka berwisata ke beberapa tempat terkenal seperti Bandarban.

Bandarban
Bandarban [image source]

6. Menurut data tahun 2009 yang dikutip dari tourismboard.gov.bd, jumlah turis yang datang ke Bangladesh sejumlah 122.000. Nah, jika peningkatannya saja konsisten setiap bulan, bisa dibayangkan berapa banyak wisatawan yang datang? Semestinya, negara satu ini bisa memperbaiki sistem transportasinya agar wisatawannya makin betah.

Wisatawan Bangladesh
Wisatawan Bangladesh [image source]

7. Sayangnya, harapan tersebut bakalan susah untuk tercapai. Mengingat apa yang terjadi di stasiun-stasiun besar Dhaka.

Stasiun Dhaka
Stasiun Dhaka [image source]

8. Ribuan manusia berdesak-desakan untuk masuk gerbong kereta. Bahkan mereka rela naik di atas gerbong meski nyawanya terancam.

Berdesakan di kereta
Berdesakan di kereta [image source]

9. Penampakan ini pun makin menjadi-jadi ketika lebaran telah tiba. Bukan hanya orang, barang hingga hewan pun bisa berada di atas gerbong.

Menggila di musim lebaran
Menggila di musim lebaran [image source]

10. Jika seperti ini, wisatawan mana yang bersedia untuk naik kereta Bangladesh meski murah meriah?

kereta Bangladesh
kereta Bangladesh [image source]
Potret penampakan kereta api di Bangladesh memang benar-benar mengejutkan. Seakan punya banyak nyawa, mereka rela berdesakan di atas gerbong hingga bergelantungan di samping gerbong. Beruntung, transportasi di Indonesia makin baik. Selain tidak perlu naik ke atas gerbong, pengamen pun juga tidak diizinkan masuk. Tentu kamu harusnya bangga dengan yang kita punya.

Tags
Bangladesh Kereta api Luar negeri Transpotasi
Share