Mengenal Kerang Lorjuk, Seafood Langka yang Jadi Andalan Kuliner Madura

Kerang merupakan seafood yang bisa diolah menjadi beragam makanan. Makanan laut satu ini juga banyak sekali jumlahnya, misalnya saja kerang darah, kerang bambu, kerang batik, kerang lorjuk dan masih banyak yang lainnya. Lorjuk merupakan jenis kerang yang banyak dimanfaatkan menjadi kuliner enak di Jawa Timur, terutama di daerah Pamekasan, Madura. Yuk kita kulik lebih mendalam mengenai lorjuk ini.

Kerang Langka Banyak Penikmat

Kerang lorjuk, Via Instagram/lorjuk.teri.krispi
Kerang lorjuk, Via Instagram/lorjuk.teri.krispi

Habitat lorjuk ini sendiri berada di pesisir pantai yang berlumpur. Cara hidupnya adalah dengan bersembunyi secara vertikal pada pasir dan sedikit keliat saat air laut surut. Nah, karena senang berada di pesisir yang berlumpur inilah, tidak semua pantai menjadi habitat dari lorjuk. Kerang ini langka dan hanya ditemukan di sepanjang perairan pantai yang datar dan landai seperti yang ada di Pamekasan, Madura.

Gizi di kerang lorjuk, Via Instagram/eduardorionda
Gizi di kerang lorjuk, Via Instagram/eduardorionda

Tidak hanya itu saja, proses pencarian lorjuk ini juga cukup rumit. Pasalnya, nelayan di Pamekasan menggunakan linggis untuk menggali tempat persembunyian lorjuk. Cara lainnya yakni menaburkan garam, air sabun, ataupun juga batu gamping di daerah keberadaan lorjuk. Plus, untuk bisa menangkap lorjuk, para nelayan menunggu air laut surut. Karena hal-hal yang disebutkan sebelumnya itulah, lorjuk menjadi terbatas atau langka.

Kandungan Gizi Lorjuk

Olahan lorjuk, Via Instagram/fandamaluegha
Olahan lorjuk, Via Instagram/fandamaluegha

Kerang yang memiliki tubuh kecil sekitar 2-3 inci ini memiliki nutrisi yang tidak kalah dengan jenis lainnya. Kerang lorjuk mengandung kalori yang sangat rendah dan tinggi protein, mineral, zat besi, dan juga omega 3. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi lorjuk secara teratur adalah mencegah penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah, mengontrol kolesterol dan lain-lain.

Ragam Olahan Lorjuk

Rengginang lorjuk, Via Instagram/emil_qory
Rengginang lorjuk, Via Instagram/emil_qory

Kandungan nutrisi yang banyak ternyata selaras dengan rasa lorjuk yang nikmat. Tak heran jika lorjuk ini banyak dimanfaatkan menjadi beragam olahan. Kuliner terkenal yang terbuat dari lorjuk ini sendiri adalah rengginang lorjuk, campur lorjuk, lorjuk goreng, lorjuk tumis, dan lain-lain. Buat Teman Traveler yang ingin membawa pulang lorjuk sebagai oleh-oleh, bisa membeli rengginang lorjuk yang rasanya top banget. Kriuknya bikin nagih!

Muncul dalam Film Aruna dan Lidahnya

Campur lorjuk, Via Instagram/foodfirdausiq
Campur lorjuk, Via Instagram/foodfirdausiq

Satu lagi yang membuat nama lorjuk ini semakin terangkat, yakni muncul dari film Aruna dan Lidahnya. Kuliner khas Madura ini muncul menjadi salah satu jajaran kuliner Indonesia yang masuk dalam film yang disadur dari karya Laksmi Pamuntjak. Dan salah satu pemeran utama film tersebut yakni Dian Sastro mengaku begitu menyukai lorjuk mekipun tampilannya kurang memikat.

Itulah sekelumit penjelasan mengenai lorjuk khas Madura. Buat kamu yang ingin mencicipi kenikmatan dari kerang langka ini bisa langsung jalan-jalan ke Pulau Garam ya. Bagaimana, kapan mau jelajah wisata dan kuliner Madura?

Tags
Indonesia kerang lorjuk kuliner lorjuk Madura olahan lorjuk
Share