15 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu yang Bikin Liburanmu Serasa di Maladewa

Advertisement

Kepulauan Seribu adalah kawasan berupa gugusan pulau yang terletak di utara Teluk Jakarta. Wilayahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berbeda dengan pesisir pantai utara kota metropolitan yang terkenal kumuh, pantai-pantai di pulau-pulau kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu ini jauh lebih bersih dan jernih.

Baca Juga :15 Tempat Wisata Populer yang Wajib Traveler Kunjungi Saat Liburan ke Jakarta Pertama Kali

Kepulauan Seribu mendapat julukan sebagai Maldiven van Java yang merujuk pada keindahan pulau-pulau tropis dengan posisi berdekatan layaknya di Maladewa. Pulau-pulau inilah yang kerap dijadikan tempat melarikan diri warga kota Jakarta di akhir pekan. Daerah ini punya ratusan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni. Berikut 15 diantaranya yang wajib traveler singgahi.

1. Pulau Untung Jawa

Pulau pertama yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Pulau Untung Jawa. Pulau berpenghuni ini termasuk salah satu tujuan dalam paket wisata ke Kepulauan Seribu yang murah meriah pasalnya lokasinya berada tidak jauh dari Ancol. Lokasinya yang dekat inilah menjadi keunggulan Pulau Untung Jawa untuk menggaet wisatawan.

Pulau Untung Jawa, via instagram
Pulau Untung Jawa, via instagram

Masyarakat yang tinggal di Pulau Untung Jawa juga sangat ramah pada para pendatang. Banyak dari mereka yang kemudian membuka penginapan dan membuat paket – paket wisata yang dikelola langsung oleh penduduk setempat. Pilihan kegiatan di pulau ini juga tergolong lengkap, ada bersepeda, main banana boat, jetsky, snorkeling hingga diving. Tak ketinggalan di pulau ini juga tersedia penginapan murah nan nyaman.

2. Pulau Lancang

Nama Pulau Lancang memang belum sepopuler Pulau Pramuka atau bahkan Pulau Tidung, akan tetapi pulau ini cukup representatif untuk digunakan berlibur. Apalagi di pulau ini telah tersedia penginapan yang bisa digunakan bermalam oleh traveler tanpa harus menggelar tenda.

Pulau Lancang, via instagram
Pulau Lancang, via instagram

Pulau Lancang adalah satu dari sebelas pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu. Di dalam pulau ini tersedia berbagai pilihan kegiatan seru yang berhubungan dengan laut. Beberapa diantaranya adalah memancing, snorkeling dan juga menyelam. Semua fasilitas yang tersedia di Pulau Lancang jauh lebih murah ketimbang paket wisata di pulau yang sudah terkenal lho.

3. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah satu diantara banyak pulau yang paling difavoritkan oleh wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Rasanya tidak lengkap jalan-jalan ke daerah ini tanpa singgah di pulau yang terkenal dengan jembatan cintanya ini. Pulau Tidung adalah salah satu pulau paling terkenal dan paling banyak mendatangkan wisatawan.

Pulau Tidung, via instagram
Pulau Tidung, via instagram

Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu sepanjang 800 meter. Selain menjadi alat penghubung antar pulau jembatan ini juga sering digunakan sebagai lokasi uji nyali dengan cara melompat dari atas jembatan setinggi 5-6 meter menuju ke laut.

4. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka juga layak dijadikan tempat berlibur. Salah satu dari sebelas pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu ini menawarkan tidak hanya wisata laut saja namun juga edukasi lewat penangkaran penyu sisi yang sangat langka. Yap, Pulau Pramuka memiliki konservasi penyu sisik yang bisa dikunjungi wisatawan.

Pulau Pramuka, via instagram
Pulau Pramuka, via instagram

Layaknya pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, pulau ini juga asyik untuk dijadikan spot berenang dan snorkeling. Kelebihan berlibur di Pulau Pramuka yaitu traveler tidak perlu merasa kesepian karena pulau ini memiliki penghuni bahkan ini adalah ibukota kabupaten administratif Kepulauan Seribu.

5. Pulau Harapan

Pulau Harapan, sesuai dengan namanya bahwa pulau ini tidak memberi harapan palsu untuk setiap tamu yang berkunjung. Di pesisir pantainya disediakan jembatan kayu yang bisa digunakan untuk bersantai sambil memandangi luasnya laut serta gugusan pulau kecil di kejauhan.

Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, via instagram
Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, via instagram

Menyelam ke dasar lautnya nampak banyak terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Banyak penyelam yang kemudian betah berlama-lama memandangi indahnya alam bawah laut Pulau Harapan. Buat yang tidak bisa menyelam cukup berenang dan snorkeling di perairan dangkal sudah cukup untuk bertemu dengan ikan kecil dan gugusan terumbu karang. Di darat pulau ini menjadi rumah bagi burung Elang Bondol yang sangat langka.

6. Pulau Ayer

Menyandang julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer memang memiliki keindahan bak mutiara. Lokasinya mudah dijangkau karena hanya berjarak 14 kilometer dari pesisir pantai Marina, Ancol. Inilah pulau dimana traveler akan merasakan liburan bak di Maladewa lengkap dengan cottage atas laut yang indah.

Pulau Ayer, via instagram
Pulau Ayer, via instagram

Cottege-cottege yang dibangun di atas laut yang jernih ini mengusung design seperti rumah-rumah tradisional bergaya etnik Papua. Pulau ini punya sejarah panjang dimana presiden pertama Indonesia, bung Karno sering menggunakan pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di dalam pulau ini traveler juga akan bertemu dengan binatang biawak yang berkeliaran di sekitar pulau.

7. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang posisinya paling dekat dengan daratan utama ibukota Jakarta. Jarak kedua wilayah ini hanya sekitar 15 kilometer. Dari pulau ini traveler bisa melihat keindahan gedung-gedung bertingkat yang terlihat seperti miniatur.

Pulau Bidadari, via instagram
Pulau Bidadari, via instagram

Pulau Bidadari memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan, yang mana dikisahkan bahwa Pangeran Jayakarta menggunakan pulau ini sebagai tempat berlibur bersama para penghuni kerajaan. Jadilah pulau ini dinamakan Pulau Bidadari.

8. Pulau Onrust

Tidak jauh dari pulau Bidadari terdapat Pulau Onrust yang terkenal akan sejarahnya. Pulau Onrust pada masa penjajahan Belanda sering digunakan sebagai tempat singgah kapal Kompeni sebelum berlabuh ke pelabuhan Sunda Kelapa. Tak heran jika di pulau ini banyak dijumpai bangunan kuno peninggalan Belanda.

Pulau Onrust, via instagram
Pulau Onrust, via instagram

Di dalam pulau ini terdapat satu bangunan yang masih utuh yang kemudian dimanfaatkan sebagai Museum Pulau Onrust. Pulau ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah, melihat-lihat bangunan peninggalan Belanda seperti benteng dan pelabuhan kuno.

9. Pulau Kotok

Pulau Kotok adalah tujuan yang sempurna untuk melakukan penyelaman atau pun snorkeling pasalnya taman bawah laut pulau ini masih terjaga dengan baik. Hal ini disebabkan belum adanya wahana seperti banana boat dan aneka permainan lain di sekitar pantai.

Pulau Kotok, via instagram
Pulau Kotok, via instagram

Menilik ke daratannya, Pulau Kotok ditumbuhi oleh vegetasi yang masih asli. Wajar mengingat pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni jadi keasrian lingkungannya masih sangat terjaga dengan baik. Dari cottege atas pohon yang tersedia, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai di sekitar pulau yang biru.

10. Pulau Putri

Pulau Putri memang secantik tuan putri. Sama seperti pulau-pulau lain yang berdekatan, pulau ini juga menawarkan pemandangan indah alam bawah laut yang tergabung ke dalam Taman Nasional Laut Pulau Seribu. Tidak perlu menyelam untuk menemukan terumbu karang cantik, cukup bersnorkeling ria di perairan dangkalnya sudah bisa menemukan keindahan terumbu karang.

Pulau Putri, via instagram
Pulau Putri, via instagram

Pulau Putri juga menyediakan cottege untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini. Selain itu terdapat fasilitas Sunset Cruise, kegiatan wisata naik kapal ke tengah laut untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam yang sangat mempesona.

11. Pulau Sepa

Pulau Sepa bisa menjadi alternatif tujuan berlibur saat pulau-pulau terkenal seperti Bidadari, Semak Daun, hingga Pulau Tidung lagi ramai pengunjung. Pasalnya pulau ini masih kurang tenar dibanding nama-nama pulau lainnya.

Pulau Sepa, via instagram
Pulau Sepa, via instagram

Pun demikian Pulau Sepa menawarkan pengalaman wisata pulau yang tidak kalah menarik. Pulau ini tengah dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata bahari dimana di daratan pulaunya telah dibangun beberapa cottege untuk penginapan. Di pulau ini traveler juga bisa melakukan aneka kegiatan air dari berenang hingga menyelam atau sekedar menikmati angin sepoy-sepoy khas pesisir pantai.

12. Pulau Pari

Pulau Pari masuk dalam jajaran pulau yang paling disukai pengunjung lantaran memiliki pantai yang bersih dan terumbu karang yang indah. dari pulau ini nampak pula sunset yang begitu seksi. Apalagi pulau ini berada jauh di utara yang artinya kualitas dan visibilitas air lautnya semakin bagus.

Pulau Pari, via instagram
Pulau Pari, via instagram

Pulau Pari adalah tempat budidaya hutan mangrove sekaligus menjadi kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Cara paling asyik menikmati pulau kecil ini adalah bersepeda mengelilingi pulau hingga menyelami keindahan alam bawah lautnya.

13. Pulau Kelor

Pulau Kelor masuk dalam jajaran pulau yang berdekatan dengan Pulau Bidadari dan juga Pulau Onrust. Pulau ini juga menyimpan bangunan bersejarah sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata sejarah.

Pulau Kelor, via instagram
Pulau Kelor, via instagram

Salah satu bangunan yang paling terkenal di pulau yang tidak terlalu besar ini adalah Benteng Martelo yang dibangun oleh VOC. Benteng ini memang sudah tidak utuh akibat terjangan tsunami pada tahun 1883 akibat dari letusan gunung Krakatau. Pun demikian sisa-sisa benteng dari bata merah ini tetap eksotis untuk diabadikan oleh kamera.

14. Pulau Air

Pulau Air adalah pilihan yang sempurna untuk kemping. Pulau ini memiliki kelebihan dibanding pulau-pulau tak berpenghuni lain yaitu berupa pulau yang terbelah oleh air laut sehingga menciptakan fenomena seperti sungai yang jernih.

Pulau Air, via instagram
Pulau Air, via instagram

Hanya saja untuk para traveler yang tertarik kemping di Pulau Air tidak disarankan untuk menginap lebih dari dua hari lantaran di pulau ini tidak terdapat fasilitas MCK, warung makan atau pun sumur. Jika tertarik, traveler masih harus bersabar menunggu paket wisata ke pulau ini dibuka kembali sebab mulai tanggal 3 Januari lalu, untuk sementara seluruh paket wisata menuju ke Pulau Air ditutup.

15. Papatheo Island

Destinasi terakhir yang bakal memberi pengalaman traveling yang berbeda adalah Pulau Papatheo alias Pulau Petondan Kecil. Secara umum hal yang ditawarkan di pulau ini sama dengan paket wisata di sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu.

Papatheo Island, via instagram
Papatheo Island, via instagram

Tapi ada satu kegiatan yang tidak bisa dilakukan di pulau lain yaitu model penyelaman wreck. Ini adalah menyelam dengan spot bangkai kapal yang tenggelam. Hanya ada di pulau ini bangkai kapal kargo sepanjang 100 meter ditemukan di kedalaman 30 meter dan menjadi tempat menyelam yang menarik.

Baca Juga :10 Destinasi Wisata Air Terjun di Malang Raya yang Keren Banget

Itulah kelima belas pulau cantik di Kepulauan Seribu yang bakal bikin liburanmu seperti di Maladewa. Pernah mengunjungi pulau lain selain yang ada di daftar Travelingyuk di atas? Ayo share pengalamanmu di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Kepulauan Seribu Pantai Pulau Peucang Pulau Ayer Pulau Bidadari Pulau Harapan Pulau Kotok Pulau Lancang Pulau Onrust Pulau Pramuka pulau tidung Pulau Untung Jawa
Share