Jajanan Kentang Kekinian di Jogja, Sukses Bikin Kenyang dan Happy!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Kentang Kekinian di Jogja Kentang Kekinian di Jogja

Jajan kentang kekinian di Jogja, banyak macamnya. Teman Traveler mau memilih yang mana? Salah satunya bahkan ada yang ditambah peperoni lho. Cemal-cemil kenyang dan bikin happy deh pokoknya! Penasaran dengan pilihan jajan kentang modern yang enak-enak ini? Simak uraian berikut!

1. Kentang Goreng Topping, Kentang Kaliyan

Kentang Topping Saus Khas Kaliyan via Instagram/
Kentang Topping Saus Khas Kaliyan via Instagram/ kentangkaliyan

Kaliyan, kentang kekinian di Jogja yang terbuat dari kentang Belgia, miliki tekstur yang berbeda dari yang biasa. Jika diolah dengan benar, akan punya tekstur yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Kentang Kaliyan yang bisa Teman Traveler cicipi, disajikan dengan saus topping khas. Ada cheese, barbeque, bolognese atau manis asam tomat. Kentang Kaliyan bisa Teman Traveler temukan di Area Parkir Ruko Gatic, Jogja. Harganya? Mulai dari Rp 15 ribu.

2. Corndog, Kitchenian

Macam-macam Corndog di Kitchenian via Instagram/
Macam-macam Corndog di Kitchenian via Instagram/ kitchenian.id

Teman Traveler yang sedang berada di kawasan Kaliurang, Ngaglik, bisa mampir ke Kitchenian untuk nyicipi kentang kekinian; corndog. Corndog di sini, dibumbui dengan beragam pilihan, antara lain pedas asin, jagung bakar, keju, atau barbeque. Harganya juga masih cukup terjangkau, berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 28 ribu.

3. Jajanan Kentang, Holla Potato

Macam-macam Kentang Kekinian di Holla Potato via Instagram
Macam-macam Kentang Kekinian di Holla Potato via Instagram/ holla.potato

Jajan kentang kekinian di Jogja, nggak lengkap tanpa mampir ke Holla Potato. Di sini, Teman Traveler bisa memilih pompom, curlyfries atau wedges potato. Bentuknya lucu-lucu, rasanya juga enak. Kalau Teman Traveler ingin mencobanya, silakan datang saja ke lantai 2 Jogja City Mall. Harganya, sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 16 ribu.

4. Kentang Goreng ala Belgia, Roberto Potato

Roberto Potato, Tambahan Pepperoni Bikin Happy via Instagram/ makandanjajan
Roberto Potato, Tambahan Pepperoni Bikin Happy via Instagram/ makandanjajan

Dibuka pada Juni 2018 lalu, Kedai Roberto Potato, menyediakan aneka olahan kentang kekinian. Di tempat ini, Teman Traveler akan mendapat seporsi kentang goreng ala Belgia dengan irisan beef pepperoni dan empat pilihan saus: keju, mayo garlic, jamur dan hot bolognese. Harga di Roberto Potato cukup terjangkau, antara Rp 11 ribu hingga Rp 18 ribu.

5. Hottang, Mimilik.Susu

Kejunya Nggak Tahan via Instagram/
Kejunya Nggak Tahan via Instagram/ mimilk.susu

Siapa Teman Traveler yang suka sosis? Kentang kekinian di Jogja satu ini siap memanjakan lidah! Hottang yang dijual Mimilk, terbuat dari satu buah sosis utuh yang dibalut kentang tumbuk. Setelahnya, sosis tersebut dibalurkan pada tepung roti lalu digoreng, lalu ditambahi keju atau saus. Dijual di beberapa kawasan di Jogja, seperti Condong Catur, Jl Nusa Inda dan Jl Palagan, Teman Traveler wajib mencicipinya. Jangan khawatir soal harga, karena masih sangat terjangkau: antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.

6. Cheesy Potato, Cheepo

Mashed Potato Khas Cheepo via Instagram
Mashed Potato Khas Cheepo via Instagram via Instagram/ cheepo.id

Jajan kentang kekinian di Jogja, juga harus mampir ke kedainya Cheepo di Jogja City Mall atau Transmart Maguwo. Di sini, dijual mashed potato yang digoreng dengan metode deep fried oil. Uniknya, mashed potato di sini, tidak benar-benar berbentuk kentang tumbuk; ia masih berupa irisan lonjong seperti wedges. Kentang ini kemudian disajikan dengan mayonaise atau saus keju homemade spesial Cheepo dan pilihan topping daging, sayuran dan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan. Harganya? Rp 15 ribu untuk basic. Sementara, jika ingin menambah topping, tambah antara Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu.

Kentang yang selama ini disajikan hanya dengan digoreng, mulai dikreasikan macam-macam. Jajanan kentang kekinian di Jogja salah satunya. Duh! Jadi ngiler! Mana favorit Teman Traveler? Jajan yuk!