Jalan-jalan di Kenpark Surabaya, Berasa di Beijing Lho!

Pradina Eka Anugraheny

Pradina Eka Anugraheny

On Indonesia
Suasana di Kenpark Surabaya, Mirip di Tiongkok Suasana di Kenpark Surabaya, Mirip di Tiongkok

Ingin rasakan sensasi liburan ala Tiongkok atau Thailand? Teman Traveler tak perlu pergi jauh-jauh. Cukup mampir ke tempat wisata di Surabaya yaitu Kenpark. Suasananya tak kalah apik dengan di Negeri Tirai Bambu.

Dulu Kumuh, Sekarang Cantik

Pintu gerbang kenpark
Kenpark alias Kenjeran Park (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Kawasan Kenjeran dulunya identik dengan kumuh. Namun seiring pembenahan dari Pemerintah Surabaya, daerah ini menjadi lebih menarik. Kehadiran Kenpark, atau sering juga disebut Pantai Ria Kenjeran, menjadi magnet anyar bagi para wisatawan.

Kenpark alias Kenjeran Park merupakan kawasan wisata Surabaya yang cukup luas. Di dalamnya ada beberapa wahana wisata menarik seperti waterpark, area berkuda, sirkuit balap, hingga pemancingan. Teman Traveler juga bisa melihat vihara dan kuil dengan desain menarik di sekitar sini.

Gazebo klenteng
Area santai klenteng (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Keberadaan tempat ibadah tersebut memberikan nuansa berbeda. Berada di sekitarnya, Teman Traveler akan seolah sedang berada di Beijing atau Bangkok. Tak heran jika kawasan Kenjeran kini jadi primadona baru di antara wisatawan. Kesan negatif yang dulu melekat, seolah hilang begitu saja.

Tiket Masuknya Murah Lho

Kenpark Surabaya berada di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak. Tiket masuknya hanya Rp15.000 untuk pengendara sepeda motor. Jika ingin memasuki area waterpark, Teman Traveler wajib bayar Rp10.000 (weekday) atau Rp 15.000 (weekend). Sementara untuk Atlantis Land, pengunjung dewasa dipatok tiket Rp125.000 dan anak-anak Rp100.000.

Klenteng Sanggar Agung

Latar klenteng
Area Klenteng Sanggar Agung (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Area pertama yang saya jelajahi adalah Klenteng Sanggar Agung. Bangunan ini digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha, Hindhu, dan Konghucu. Arsitektur bangunan ini mirip-mirip seperti pura di Bali. Meski fungsi utamanya untuk sembahyang, kawasan ini juga dibuka untuk wisatawan kok.

Patung Dewi Kwan Im

Area Patung dua naga
Patung Dewi Kwan Im dan naga (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Patung ini terletak di halaman belakang Klenteng Sanggar Agung. Di sekitarnya terdapat empat patung dewa pengawal dan dua dewi pendamping. Berada di tepi laut, monumen Dewi Kwan Im ini menjulang setinggi kurang lebih 20 meter.

Dihias dengan gerbang berwarna merah mencolok, area ini memancarkan nuansa ala Tiongkok yang khas. Orang-orang juga kerap menyebut sudut ini sebagai Patung Dua Naga.

Pagoda Tian Ti

Area pagoda
Pagoda Tian Ti (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Pagoda Tian Ti merupakan bangunan yang paling sering dikunjungi wisatawan. Bentuknya bundar, dengan diameter sekitar 60 meter dan tinggi 50 meter.

Latar pagoda
Bangunan Pagoda Tian (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Memiliki tiga tingkat, pagoda ini dirancang sedemikian rupa hingga mirip Temple of Heaven di Tiongkok. Tak heran jika Pagoda Tian Ti lantas jadi salah satu ikon kawasan wisata Kenjeran Park.

Patung Buddha Empat Wajah

Lokasi patung
Patung Buddha Empat Wajah (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Patung Buddha Empat Wajah berada tepat di sebrang Klenteng Sanggar Agung. Dilapisi warna emas, patung ini dilindungi semacam bangunan mungil berukuran 9×9 meter.

Halaman depan
Halaman Patung Buddha Empat Wajah (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa melihat Buddha digambarkan sedang duduk di atas tahtanya. Sesuai namanya, patung ini memiliki wajah di masing-masing sisi. Wajah utama berada segaris dengan tangan yang sedang membawa tasbih.

Selfi depan patung
Berfoto di depan Patung Buddha (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Desain patung ini mirip dengan monumen serupa yang bisa Teman Traveler temukan di Bangkok. Nuansa ala negeri Thailand pun semakin terasa dengan keberadaan patung gajah putih di sekitar Buddha Empat Wajah. Bisa banget kalian jadikan spot asyik untuk berfoto.

Selfi di patung gajah putih
Patung gajah putih (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah sudut-sudut indah Kenpark Surabaya yang tawarkan nuansa ala Tiongkok dan Thailand. Jangan sampai Teman Traveler lewatkan ketika sedang berwisata di Surabaya. Selamat berlibur!