Daarus Sunnah Equestrian, Berkuda dan Memanah di Wisata Religi Bandung

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Belajar Berkuda di Daarus Sunnah Equestrian Belajar Berkuda di Daarus Sunnah Equestrian

Wisata sambil belajar banyak mengenai agama? Mengapa tidak. Bagi Teman Traveler pemeluk Islam, bisa coba berkunjung ke Daarus Sunnah Equestrian di Bandung. Tak hanya sekedar belajar memanah dan merasakan sensasi naik kuda, di sini kalian juga bisa memetik banyak pelajaran tentang kehidupan dan nilai Islam.

Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya saat berkunjung ke Daarus Sunnah Equestrian beberapa saat lalu.

Membangun Chemistry

Asyiknya berkuda di tengah sejuknya hawa Bandung (c) Helga Christina/Travelingyuk

Daarus Sunnah Equestrian berada di Kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhid. Alamat tepatnya ada di Jalan Cigugur Girang no 33, Parangpong, Bandung. Seperti disebutkan sebelumnya, di sini Teman Traveler bisa merasakan serunya belajar memanah dan berkuda.

Namun berbeda dengan wisata berkuda lain di Bandung, di sini pengunjung diajarkan untuk menunggang kuda tanpa dituntun. Mula-mula Teman Traveler akan diajak mengenal karakter si kuda dengan mengelus kepala sembari memanggil namanya.

Saya sendiri sempat merasa deg-degan saat coba membangun chemistry dengan hewan berkaki empat ini. Sempat timbul rasa takut, membayangkan bagaimana jika tiba-tiba si kuda menyeruduk atau menendang saya.

Didampingi Instruktur

Mengelilingi kawasan wisata (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tapi tenang saja Teman Traveler, semuanya aman kok. Kalian masih bakal didampingi akang-akang pawang kuda sampai benar-benar berani dilepas dan berhasil membangun chemistry dengan si kuda.

Berikutnya Teman Traveler akan dibiarkan mengelilingi kawasan sekitar selama 30 menit secara mandiri. Beberapa area dibuat sedikit berbukit-bukit agar sedikit menantang. Seru sekali lho. Meski deg-degan, rasanya bahagia usai berhasil menunggang kuda tanpa harus dituntun pawang.

Serunya Memanah Jangan Dilewatkan

Serunya aktivitas memanah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga bakal didampingi akang-akang pemandu selama mencoba aktivitas memanah. Mereka akan dengan setia standby dan mengajarkan cara memegang busur dan melepas anak panah yang baik dan benar. Umumnya, pengunjung lebih suka mencoba aktivitas berkuda dulu, baru kemudian dilanjutkan memanah.

Cukup Terjangkau

Daarus Sunnah Equestrian mematok tarif cukup terjangkau untuk aktivitas memanah maupun berkuda. Teman Traveler hanya perlu mengeluarkan biaya Rp150.000 per orang, sudah termasuk coffee break dan makan siang. Bagi yang tertarik untuk belajar lebih lanjut berwisata Bandung sambil belajar, cukup bayar Rp300.000 per orang untuk kelas dasar yang terdiri dari empat kali latihan.

Makna Spiritual

Memanah punya makna spiritual (c) Helga Christina/Travelingyuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Daarus Sunnah Equestrian tak hanya sekedar memberi kesempatan pengunjung menjajal aktivitas berkuda dan memanah, namun juga memberikan sedikit sentuhan pengalaman spiritual.

Hal tersebut sangat menarik bagi saya yang termasuk pemula dalam menunggang kuda dan memanah. Sebelumnya tak pernah terpikir bahwa dua kegiatan tersebut bisa membuat hati merasa tenang dan sekaligus jadi kesempatan belajar mengenal lebih dekat makhluk ciptaan Tuhan.

Itulah sedikit pengalaman saya berwisata di Daarus Sunnah Equestrian. Bagaimana Teman Traveler, ada yang tertarik merasakan keseruan serupa dalam waktu dekat?