Keseruan Kemilau Madura, Saksikan Karapan Sapi yang Jadi Daya Tarik Utama

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Keseruan Kemilau Madura di tahun 2018 Keseruan Kemilau Madura di tahun 2018

Festival merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak hanya mancanegara, Indonesia pun juga memiliki ragam acara menarik untuk disaksikan. Kali ini, Travelingyuk akan membahas satu festival bernama Kemilau Madura yang akan diselenggarakan bulan Oktober ini. Beberapa keseruan hingga atraksi langka pun juga disuguhkan. Penasaran seperti apa pertunjukannya? Yuk, baca lebih lanjut.

Ajang Pertunjukkan Budaya dan Tradisi Masyarakat

Pertunjukkan budaya masyarakat Madura
Pertunjukkan budaya masyarakat Madura via Instagram/mediamadura

Kemilau Madura sendiri merupakan sebuah ajang yang bertujuan untuk mengekspresikan jati diri budaya dan tradisi masyarakat serta bermaksud untuk menjalin silaturahmi seni antar empat kabupaten di Pulau Garam. Rencananya acara ini akan dilangsungkan pada tanggal 28 hingga 29 Oktober 2018 mendatang. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun juga menyerukan para wisatawan baik lokal atau asing untuk menghadiri acara ini.

Rangka Hari Jadi Pamekasan

Rangka hari jadi Pamekasan
Rangka hari jadi Pamekasan via Instagram/robby.ferly

Kemilau Madura telah memasuki daftar 100 Wonderful Events Indonesia 2018. Untuk lokasinya, dipusatkan di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Ini merupakan salah satu event terbaik yang ada di Madura, persiapannya sudah melalui tahapan kurasi yang tepat. Pada awalnya, acara ini diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam rangka perayaan hari jadi kabupaten tersebut. Namun, pada tahun ini rangkaian acara tersebut menjadi hajatan seluruh kabupaten di Pulau Garam. Sumenep sendiri juga memiliki agenda Visit Sumenep 2018 untuk memajukan pariwisata. Pemerintah Kabupaten mengalokasikan dana sebesar Rp500 juta untuk event pada tahun ini.

Beragam Acara Menarik

Batik on the street di Kemilau Madura
Batik on the street di Kemilau Madura via Instagram/satutujuankreatif

Wisatawan yang ingin berkunjung juga harus mengetahui ada kegiatan budaya apa saja yang akan diselenggarakan. Mereka dapat menyaksikan pertunjukkan lomba karapan sapi klasik, lomba Sape Sono, Karnaval Daul, Batik on The Street, dan pesta seni tradisional.

Serunya Kemilau Madura
Serunya Kemilau Madura (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Pesta seni ini nantinya akan melibatkan empat kabupaten yaitu Pamekasan, Sumenep, Sampang, dan Bangkalan. Dengan dihelatnya acara ini, bermaksud untuk menumbuhkan rasa bangga masyarakat terhadap seni dan budaya yang dimiliki.

Atraksi Karapan Sapi yang Langka

Karapan Sapi di Madura
Karapan Sapi di Madura via Instagram/careynataliady

Hal istimewa dari festival ini adalah diadakannya atraksi karapan sapi. Tidak mudah bagi para wisatawan untuk menyaksikan pertunjukkan satu ini. Bahkan tontonan ini ditunggu banyak wisatawan dari mancanegara. Lomba Karapan Sapi melibatkan satu orang joki yang mengendarai dua ekor sapi. Joki bertugas untuk mengendalikan gerak lari sapi. Nantinya, mereka akan beradu cepat di lintasan sepanjang 100 meter. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk tak datang ke festival satu ini kan?

Nah, jangan sampai melewatkan Kemilau Madura tahun ini ya. Bulan Oktober merupakan waktu yang tepat untuk menyaksikan atraksi langka seperti Karapan Sapi. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata Madura lainnya. Bagaimana, sudah siap menikmati Pulau Garam ini?