Serba Gunakan Kelapa Muda, Padu Padan Masakan yang Tak Biasa

Advertisement

Kelapa muda selama ini identik dengan minuman yang sangat menyegarkan. Ditambahkn sedikit gula plus es batu menjadi es kelapa muda yang sangat menyegarkan. Lezat disantap kala cuaca sedang panas-panasnya. Tapi ternyata, kelapa muda yang memiliki tekstur daging yang lembut bisa diolah dengan berbagai masakan. Berikut ini padu padan kelapa muda dengan masakan, bisa jadi referensi dicicipi ya.

Nasi Goreng Kelapa Muda, Bandung

Nasi goreng kelapa muda, Via Instagram mangkokmanis
Nasi goreng kelapa muda, Via Instagram mangkokmanis

Nasi goreng kebanyakan disajikan pada piring ya. Tapi bagaimana jika yang menjadi tempatnya adalah kelapa muda? Di Bandung, tepatnya berlokasi di Jl. Cihampelas Nomor 95, Rumah Makan Mangkok Manis ada nasi goreng yang bercampur dengan kelapa muda. Nasi goreng ini dicampur dengan kelapa muda lalu disajikan dalam batok kelapa. Penambahan kelapa muda ini menyumbang rasa gurih dari nasi goreng.

Bakso Kelapa Muda, Kediri

Bakso kelapa muda, Via Instagram jakarta_eater
Bakso kelapa muda, Via Instagram jakarta_eater

Bakso selama ini menjadi salah satu kuliner yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Ada bakso goreng, bakso bakar, bakso pedas level-level, sampai dengan bakso yang memiliki bentuk unik. Di Kediri tepatnya di depot Mak Sri yang terdapat di Jl. HOS Cokroaminoto 199, Kediri terdapat bakso kelapa muda yang bisa dicicipi kenikmatannya. Tampilannya menyerupai es degan dari luar, tapi isinya adalah bakso.

Sroto Kelapa Muda, Purbalingga

Sroto klamud, Via Instagram purbalinggakeren
Sroto klamud, Via Instagram purbalinggakeren

Setelah sebelumnya ada bakso, di Purbalingga juga menawarkan soto yang dipadukan dengan kelapa muda. Sroto sebenarnya merupakan sebutan untuk soto bagi orang-orang Purbalingga. Ini merupakan soto biasanya, bedanya bihun diganti dengan kelapa muda. Penyajiannya juga memanfaatkan batok kelapa, rasanya kenyal-kenyal gurih.

Ikan Gurami Degan, Bandung

Gurami degan, Via Instagram rumahmakan_boemimitoha
Gurami degan, Via Instagram rumahmakan_boemimitoha

Di Bandung juga ada Ikan Gurami Degan di Rumah Makan Bumi Mitoha. Ini merupakan ikan gurami yang disajikan dengan kelapa muda atau degan. Pengolahan ikan yang kaya akan bumbu rempah dipadu dengan ikan yang gurih, membuat kuliner satu ini benar-benar memiliki rasa yang nagih. Guna menambah citarasanya, kelapa muda ini dibakar terlebih dahulu.

Tom Yam Kelapa Muda, Tengerang

Tomyam kelapa muda, Via Instagram mahfudz99
Tomyam kelapa muda, Via Instagram mahfudz99

Menu selanjutnya yang menggunakan kelapa muda adalah tom yam. Ini merupakan salah satu menu yang ditawarkan oleh Saung Ibu yang berada di Jl. Raya No. 19 Ciputat, Tangerang. Tampilannya sangat menggugah selera, menggunakan batok kelapa sebaga tempat penyajiannya. Bagaimana rasa tom yam yang dipadukan dengan kelapa muda? Kamu bisa mencoba saat jelajah ke Tangerang.

Itulah jajaran masakan yang dipadukan dengan kelapa muda. Sensasi rasanya akan sangat berbeda. Ayo jangan melewatkan untuk mencicipi berbagai kuliner di atas ya. Supaya kamu tak bosan menyantap menu yang itu-itu saja.

Advertisement
Tags
kelapa muda dengan masakan kuliner Indonesia
Share