Pelaku Penyemprot Vape Minta Maaf ke Monyet, Ini Kelakuan Tak Terpuji Pengunjung Lainnya

Traveling memang menjadi salah satu cara melarikan diri yang asyik dari berbagai penat dan himpitan. Tapi ada-ada saja kelakuan para wisatawan yang terkadang membuat banyak orang jengah. Ini sebagai pengingat saja untuk tidak dilakukan. Karena memang baru-baru ini viral seorang pengunjung menyemburkan asap vape (rokok eletronik) kepada primata di Batu Secret Zoo. Nah, berikut ini kelakuan-kelakuan tak terpuji pengunjung yang datang ke tempat wisata dan viral di media sosial.

1. Semprotkan Vape ke Primata – Batu Secret Zoo

Menyemburkan uap rokok elektrik, Via screenshot Instagram cctv_indonesia
Menyemburkan uap rokok elektrik, Via screenshot Instagram cctv_indonesia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seorang pengunjung secara jahil menyemburkan asap rokok elektrik ke seekor primata. Ini merupakan kera asal Afrika dengan nama ilmiah red-tailed guenon yang berada di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Batu. Sebuah video diunggah pada Minggu (29/7/2018) sampai primata tersebut tersedak akibat asap. Tetapi sang pelaku sudah meminta maaf di media sosial atas perbuatan isengnya.

Minta maaf pada monyet
Minta maaf pada monyet via Merdeka.com

Tidak hanya meminta maaf di media sosial saja, pelaku juga datang langsung ke Batu Secret Zoo untuk meminta maaf langsung dengan monyet yang telat dijahilinya. Karena pelaku sudah meminta maaf sepenuh hati, ia dibebaskan dan pihak Jatim Park 2 tidak memberinya sanksi. Hanya saja hal tersebut harap dijadikan pelajaran untuk semua masyarakat.

2. Bermain Tulang yang Dikeramatkan – Makam Toraja

Lecehkan Makam Toraja, Via Twitter
Lecehkan Makam Toraja, Via Twitter

Sebelum viral kelakuan tidak terpuji di Batu Secret Zoo, sebelumnya juga heboh lantaran ada dua turis yang berpose seperti menginjak tengkorak dan seolah bermain gitar dengan tulang di Makam Toraja. Kejadian tersebut membuat banyak orang geram lantaran memang tulang-tulang di Makam Toraja begitu sakral dan dihormati di Toraja.

Permasalahan selesai dengan mereka mengakui kesalahannya dan dibawa ke Kete Kesu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Hukumannya, mereka diminta untuk memotong satu ekor babi sekaligus meminta maaf kepada arwah leluhur.

3. Cekoki Alkohol ke Satwa – Taman Safari

Cekoki minuman keras, Via screenshot doniherdaru
Cekoki minuman keras, Via screenshot doniherdaru

Kelakukan lain yang turut viral akibat ulah pengunjung adalah di Taman Safari Bogor. Ada pengunjung yang sengaja memberi minuman keras pada hewan di Taman Safari Bogor yang berada di Cisarua, Kabupaten Bogor. Pengunjung yang tidak bertanggung jawab itu memberikan minuman keras ke rusa. Dalam video lainnya, mereka menyemprotkan miras ke mulut kudanil.

Akibatnya, video yang diunggah ke Instagram yang awalnya iseng-iseng itu menjadi viral dan menuai kecaman netizen. Tapi setelah beberapa waktu selanjutnya, para pelaku meminta maaf atas perilakukan yang tidak terpuji.

4. Petik Bunga Edelweiss – Gunung Rinjani

Pendaki ndeso, Via screenshot Instagram ratu.nyinyiir
Pendaki ndeso, Via screenshot Instagram ratu.nyinyiir

Media sosial beberapa waktu yang lalu juga digegerkan dengan ulah para pendaki ‘ndeso’ di Gunung Rinjani. Para pendaki ini memetik bunga edelweiss dan bahkan membawanya pulang. Tanpa ada rasa bersalah, mereka berfoto dengan bunga edelweiss. Padahal hal tersebut dilarang keras. Mereka diberi sanksi dijadikan duta pelestarian edelweiss. Dan hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Bukan untuk dijadikan contoh, tapi keempat perilaku tidak terpuji para wisatawan yang telah disebutkan di atas menjadi pelajaran untutk kita semua. Selalu patuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola wista, supaya sama-sama aman saja. Siap jadi traveler yang cerdas?

Tags
kelakuan tak terpuji pengunjung semprotkan vape di Batu
Share