Kelakuan Penumpang yang Paling Dibenci Pramugari, Kamu Salah Satunya?

Traveling sudah menjadi salah satu gaya hidup yang diikuti banyak orang. Bahkan, liburan ke luar negeri sudah bukan sekedar mimpi. Ada banyak cara mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Namun, sebagai traveler sejati kamu harus tahu bagaimana bersikap selagi berada di dalam pesawat. Pastikan kamu tak melakukan hal-hal yang dibenci oleh pramugari. Seperti di bawah ini.

Tempat Sampah Dadakan

Buang sampah di saku kursi pesawat
Buang sampah di saku kursi pesawat [image source]
Beberapa maskapai menyediakan camilan dan air minum selama perjalanan. Setelah beberapa lama, para pramugari pun akan keliling untuk meminta sampahnya. Meski begini, masih ada saja penumpang yang membuang bekas makanan di saku kursi. Kalau memang pramugari sudah terlanjur lewat, bawa sampahmu turun dari pesawat. Tidak terlalu merepotkanmu, bukan?

Mengangkat Kaki

Mengangkat kaki saat di pesawat
Mengangkat kaki saat di pesawat [image source]
Pesawat memang didesain untuk bisa memuat banyak penumpang. Di kabin ekonomi, tempat duduknya pun berderet dengan sisa ruang kecil untuk kaki. Perjalanan yang panjang jelas akan membuat badan kaku dan lelah. Meski begitu, tidak ada aturan yang membenarkan penumpang menaikkan kakinya ke sandaran kursi. Daripada mendapat teguran dari pramugari, lebih baik pilih tempat duduk terbaik di pesawat saat check in.

Perlakuan Tak Sopan

Perlakuan tidak sopan pada kru pesawat
Perlakuan tidak sopan pada kru pesawat [image source]
Sudah bukan rahasia bahwa semua pramugari cantik dan murah senyum. Namun bukan berarti kamu bisa berbuat seenaknya. Hindari menyentuh atau menanyakan sesuatu yang bersifat pribadi. Perlakuan tak sopan ini sangat mengganggu. Dilansir dari www.foxnews.com, Lia Volpe, seorang pramugari mengaku pernah bertemu dengan penumpang yang memuji, menggoda, bahkan memberikan kartu nama dengan harapan bisa mengajaknya kencan.

Sembarangan Menyimpan Tas

Koper dalam kabin
Koper dalam kabin [image source]
Disediakan fasilitas bagasi bukan dengan tanpa tujuan. Simpan barang bawaanmu dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Koper kecil bisa dibawa ke atas pesawat dan meletakkannya di penyimpanan kabin di atas kepala. Sedang tas kecil bawaan bisa disimpan di bawah tempat duduk masing-masing. Jangan menyimpang tas kecil atau oleh-olehmu di loker kabin dan membuat koper lain tidak mendapat tempat.

Bertelanjang Kaki

Bertelanjang kaki di dalam pesawat
Bertelanjang kaki di dalam pesawat [image source]
Hindari berjalan berkeliling pesawat tanpa alas kaki atau hanya mengenakan kaos kaki. Apalagi jika ke kamar mandi. Tidak mau kan seisi ruang pesawat bau karena kaos kakimu tak sengaja menyapu kotoran dari kamar mandi? Pesawat juga termasuk tempat umum di mana tidak sopan jika masuk dengan bertelanjang kaki.

Pesanan yang Tak Jelas

Pesanan yang tak jelas pada pramugari
Pesanan yang tak jelas pada pramugari [image source]
Beberapa maskapai menyediakan pelayanan dengan makanan dan minuman sesuai menu. Jawab dan jelaskan dengan detail pesananmu saat pramugari menanyakannya. Kalau perlu, matikan sejenak musik dan lepas headsetmu saat menjelaskannya. Jangan membuat kru kembali berkali-kali karena salah membawa kopi sesuai pesananmu. Itu merepotkan.

Ke Kamar Mandi di Saat yang Tak Tepat

Tanda sabuk pengaman menyala
Tanda sabuk pengaman menyala [image source]
Pastikan untuk tetap di tempat duduk dengan sabuk terpasang saat lampu peringatan masih menyala. Jangan ke kamar mandi saat pesawat akan boarding atau landing. Hal tersebut bisa membahayakan. Jika itu penerbangan pendek, pastikan kamu ke toilet lebih dulu. Patuhi segala peringatan agar tidak menjadi masalah selama penerbangan.

Wah, ternyata ada beberapa etika terbang yang menyenangkan semua orang, termasuk kru pesawat. Berbuat baik dan sopan pada pramugari tidak akan merugikan. Bagaimana, kamu bukan salah satu yang dibenci mereka, kan?

Tags
Akomodasi Indonesia kelakuan penumpang pesawat tips
Share