Kek Lok Si Temple, Mampir ke Kuil Budha Terbesar Asean

Meski lebih terkenal dengan medical tourism-nya, Penang juga punya banyak keindahan budaya dan alam. Salah satunya adalah Kek Lok Si Temple, kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Seperti apa asyiknya jalan-jalan di sana? Yuk, simak ulasan berikut.

Perjalanan Menuju Kuil

v1__1_of_1__WST.JPG
Naik bus menuju kuil (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menumpang transportasi umum maupun pribadi untuk menuju sini. Jika ingin hemat, sebaiknya naik bus saja. Dari kawasan George Town, bisa langsung pergi ke terminal bus di Pasar Chowrasta. Berikutnya, naik bus 201, 202, atau 203. Perjalanan hanya akan makan waktu sekitar 30 menit.

v3__1_of_1__LAr.JPG
Kawasan sekitar kuil (c) Helga Christina/Travelingyuk

Begitu sampai di pemberhentian bus, Teman Traveler tinggal berjalan kurang lebih lima menit sebelum benar-benar tiba di lokasi. Kalian bakal melihat gang kecil penuh orang berjualan. Lewati jalur ini untuk sampai di gerbang Kek Lok Si.

Eksis Sejak Abad ke-18

x6__1_of_1__VAT.JPG
Berfoto di salah satu sudut kuil (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kek Lok Si dibangun pertama kali pada 1890 dan masih terus digunakan sebagai tempat persembahyangan umat Budha hingga sekarang. Namun Teman Traveler jangan khawatir, karena dibuka sebagai tempat wisata, pengunjung umum boleh masuk sini.

x8__1_of_1__ZTN.JPG
Salah satu sudut kuil (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tapi ingat, tetap hormati orang-orang yang sedang beribadah ya. Lepas alas kaki dan jaga sikap selama berada di sini. Jangan sampai membuat kegaduhan atau lakukan tindakan yang mengganggu ketertiban.

Banyak Asesoris Unik

x5__1_of_1__y0a.JPG
Beragam asesoris di sekitar kuil (c) Helga Christina/Travelingyuk

Oh iya, di dalam kuil Teman Traveler akan menemukan banyak orang yang menjual beragam pernak-pernik dan oleh-oleh. Mulai dari gantungan kunci, gelang, gantungan kulkas, dan masih banyak lagi.

Teman Traveler juga akan melihat beberapa pohon berhiaskan pita atau wishing ribbon. Kalian bisa coba menggantungkan satu sebagai simbol harapan atau keinginan. Satu biji pita dihargai RM1 saja. Pilihannya banyak, ada yang khusus untuk permohonan kesehatan, keamanan keluarga, pendidikan, perdamaian dunia, keluarga harmonis, hingga jodoh.

Pagoda

x7__1_of_1__9Yl.JPG
Pagoda megah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kek Lok Si Temple terdiri dari banyak bangunan kecil. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah Pagoda. Untuk masuk sini, Teman Traveler cukup bayar biaya kontribusi sebesar RM2. Kalian bakal menapaki ratusan anak tangga sebelum bisa sampai di tingkat tertinggi. Dari sini, indahnya pemandangan Penang dari ketinggian sudah menanti.

Kun Yin Statue

x4__1_of_1__CF1.JPG
Kun Yin Statu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat Kun Yin Statue alias Patung Dewi Kwan Im. Monumen ini masih tahap renovasi setelah beberapa tahun sebelumnya sempat kebakaran. Kalian bisa melihatnya dengan naik kereta listrik. Tarifnya hanya RM3 sekali jalan.

x3__1_of_1__144.JPG
Naik kereta listrik (c) Helga Christina/Travelingyuk
x2__1_of_1__fGQ.JPG
Menikmati pemandangan sekitar Penang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari sini pemandangan Penang bisa Teman Traveler nikmati dengan lebih leluasa. Nah, agar lebih hemat uang dan tenaga, kalian bisa beli tiket kereta one way. Begitu sampai atas, tinggal pesan taksi online untuk beranjak ke tujuan berikutnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kek Lok Si Temple, kuil Budha terbesar di Asia Tenggara yang benar-benar indah. Teman Traveler jangan lupa mampir ke sini jika sedang liburan di Malaysia ya.

Tags
kontributor Malaysia Travelingyuk wisata malaysia
Share