Kuil Kek Lok Si, Wisata Budaya Penang yang Spektakuler

Salah Satu Sudut Kota Georgetown (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Pulau Pinang atau juga biasa disebut Penang merupakan salah satu daerah di Malaysia yang menjadi tujuan utama wisatawan asing yang datang. Bahkan salah satu kawasan di sini, yaitu Georgetown menyabet predikat kota warisan dunia yang dianugerahkan langsung oleh UNESCO.

Faktor demografis di Penang yang merupakan multietnis dan multireligion menjadikan Penang sangat cocok dikunjungi bagi Teman Traveler yang menyukai wisata budaya dan situs keagamaan.

Jalan Menuju Kawasan Kuil (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Salah satu situs wisata yang berdiri megah di Penang dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Kek Lo Si Temple. Berada di kawasan Air Itam, Tempat ini dikenal juga sebagai Kuil Kebahagiaan Agung (Temple of Supreme Bliss). Wisata ini disebut-sebut sebagai Kuil Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Kek Lok Si (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kompleks kuil sangat luas dan memiliki konstruksi yang menawan. Tidak hanya menjadi pilihan utama Teman Traveler yang datang ke Penang, Kuil ini juga merupakan pusat ziarah penting bagi Umat Buddha dari seluruh Asia seperti Hong Kong, Filipina, Singapura, dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Patung Dewi Kwan Im Raksasa

Jalur Menuju Pagoda Utama (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Salah satu daya tarik utama dari komplek Kek Lok Si ini adalah keberadaan patung dewi keberuntungan atau Dewi Kwan Im. Lebih istimewanya lagi, wisata ini berada di ketinggian kota dan berukuran raksasa setinggi 30 m. Untuk masuk ke wisata ini, Teman Traveler harus sedikit menggunakan tenaga ekstra karena patung ini terletak di puncak pagoda dan cukup curam.

Terletak di Ketinggian Kota

Lokasi Kek Lok Si (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Berlokasi di kawasan Air Itam, Kek Lok Si Temple memiliki daya Tarik lainnya selain wisata budaya yaitu Teman Traveler dapat melihat keseluruhan Pulau Pinang dari puncak kompleks kuil ini dikarenakan letaknya berada di sekitar perbukitan.

Salah Satu Sudut (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Jika datang menggunakan kendaraan umum (Bus Rapid/Grab), Teman Traveler harus jalan kaki sejauh 200m dengan kontur jalur pendakian untuk sampai di puncaknya.

Namun tenang, jalur ini bukannya jalur gersang yang panas dan melelahkan melainkan jalur pasar. Sehingga, sepanjang perjalanan masuk kompleks Kek Lok Si akan dipenuhi toko-toko yang menjual pernak pernik khas Penang.

Perbauran Wisatawan dengan Peribadatan Umat Buddha Setempat

Patung Buddha (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kompleks Kek Lok Si Temple merupakan salah satu tempat peribadatan penting di Penang dan dikunjungi oleh beragam umat beragama. Buddhisme Mahayana, Theravada, dan ritual Tionghoa tradisional berbaur menjadi satu kesatuan yang harmonis, baik dalam arsitektur wihara maupun karya seni serta dalam kegiatan sehari-hari umat disini.

Di sisi lain, Kompleks Wihara ini juga sangat dikomersialkan dengan toko-toko pada setiap tingkat dan dalam kompleks wihara utama yang menjual semua perlengkapan keagamaan. Akibatnya terjadi perbauran antara wisatawan yang ingin menikmati arsitektur kuil dengan umat beragama yang memang sedang melakukan aktivitas peribadatan.

Tahun Baru China, Saat Terbaik Mengunjungi Kek Lok Si Temple

Wisatawan Berkunjung ke Kuil (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Seperti layaknya tempat wisata terkenal yang selalu memiliki peak season-nya, Kek Lok Si sangat tepat dikunjungi ketika perayaan Tahun Baru Cina. Pada waktu itu, kuil akan dihiasi dengan ribuan lentera gantung yang bercahaya.

Wisata lain yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah ruang doa, pagoda, menara lonceng dan kolam kura-kura. Puluhan ribu cahaya LED, lampu neon, dan lentera tradisional cina dinyalakan secara bersamaan. Lentera tradisional yang melapisi kuil, memancarkan warna bergantian anatara kuning dan merah yang menjadikan pemandangan begitu spektakuler.

Tags
Kek Lok Si Penang Kuil di Penang Penang Malaysia Wisata Budaya di Penang
Share