Pesona Pulau-pulau Terluar Indonesia, Indah dan Jarang Terjamah

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Dengan predikatnya sebagai negara maritim, Indonesia tentu saja memiliki banyak pulau yang tersebar di wilayahnya. Negara kita sendiri memiliki sejumlah 16.056 pulau yang telah resmi terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Keindahannya tak perlu dipertanyakan lagi, pesona bahari Indonesia memang memukau. Begitu pun dengan pulau-pulau yang berada di perbatasan wilayah Indonesia.

Pulau Liran

Gambar Aerial Pulau Liran via instagram/@robslinga

Terletak di Selat Wetar, pulau Liran adalah nirwana milik Indonesia yang berbatasan dengan Timor Leste. Secara administratif, pulau ini adalah bagian dari Provinsi Maluku. Di pulau dengan luas 34 kilometer persegi ini pantai dengan pasir putih yang lembut serta air laut berwarna biru jernih bukan hal yang sulit untuk ditemukan. Karena memang belum banyak wisatawan yang datang kemari, dapat dipastikan pulau ini masih sangat alami.

Pesisir Pulau Liran via instagram/@bikinkerenindonesia

Pulau Makalehi

Danau Cinta di Pulau Makalehi via instagram/@garsiaphotography

Pulau ini termasuk dalam 92 gugusan pulau terluar di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina. Berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya yang menyajikan pesona bahari. Makalahei memberikan panorama danau yang berbentuk hati. Untuk dapat melihat panorama ini traveler harus mendaki bukit tertinggi yang ada di pulau ini.

Bentuk hati ini baru dapat terlihat dari ketinggian via instagram/@kitaina.id

Pulau Maratua

Gambar aerial Pulau Maratua via instagram/@wildtravelstory

Pulau Maratua berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Tempat ini juga bisa menjadi tujuan wisata seru yang tidak boleh kamu lupakan. Tak kalah dengan Maladewa, Maratua juga memiliki pantai eksotis berpasir putih dengan resort di atas laut. Di sekelilingnya kamu juga bisa menemukan keindahan air sejernih kristal yang berwarna hijau toska.

Resort di laguna Pulau Maratua via instagram/@leonisecret

Pulau Alor

Panorama pesisir Pulau Alor via instagram/@13ican

Pemandangan pantai dengan pasir putih yang lembut memang bukan pemandangan asing di Alor. Di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste ini kamu bisa menemukan butir-butir lembut pasir laut. Salah satunya adalah Pantai Deere dengan pohon kelapa yang tumbuh dengan kemiringan hingga empat puluh lima derajat, namun tegak pada ujungnya. Pohon ini pun menjadi hal menarik yang banyak diabadikan oleh pengunjung.

Destinasi bahari yang masih alami via instagram/
Destinasi bahari yang masih alami via instagram/@setiadidarmawan

Meskipun berada di perbatasan Indonesia, pulau-pulau ini jangan sampai terlupakan. Sayang sekali kan jika pulau tersebut diakusisi oleh negara lain?