Menjelajah Destinasi Wisata Air di Maluku yang Memukau, Tak Cukup Sehari

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Berada di Indonesia bagian timur, membuat Provinsi Maluku memiliki keindahan bahari yang memukau. Banyaknya kepulauan dan juga garis pantai yang panjang, membuat provinsi ini tak pernah kehabisan destinasi wisata bahari untuk didatangi. Jenisnya pun beragam, dari air terjun unik hingga pulau dengan air sejernih kristal. Seperti yang akan disebutkan pada poin di bawah ini.

1. Air Terjun Kahatola, Loloda

Jatuhan air terjun Kahatola [image source]
Air terjun ini terletak di Pulau Kahatola, Loloda, Halmahera Barat. Air yang berasal dari resapan tanah dan hujan, kemudian jatuh langsung menuju lautan. Letaknya yang jauh membuat tempat indah ini tidak diketahui banyak orang. Satu-satunya akses adalah menggunakan perahu dengan jarak perjalanan sekitar 2 jam dari pelabuhan Jailolo.

Tebing-tebing di dekat air terjun Kahatola [image source]

2. Gua Hawang

Panorama Gua Kontamale [image source]
Gua Hawang memiliki air berwarna biru jernih, sehingga batu-batu yang ada di dasarnya terlihat dengan jelas. Kolam ini terhubung langsung dengan mata air Evu, sumber terbesar yang melewati kanal sungai bawah tanah. Menariknya, ada dua buah gua yang berjarak 15 meter dan dihubungkan oleh sungai tersebut.

Air jernih sejernih kristal [image source]

3. Danau Sole, Pulau Amarsekaru

Perairan Danau Sole yang jernih [image source]
Terletak di Desa Amarsekari, Kecamatan Pulau Gorom, Danau Sole adalah salah satu destinasi wisata air yang patut dikunjungi. Airnya yang sejernih kristal membuat kegiatan snorkeling dapat dilakukan pada tempat ini. Dalam danau ini juga hidup berbagai jenis biota laut dan terumbu karang yang indah, karena tempat ini merupakan danau dengan air laut.

Pengunjung yang sedang melakukan cliff jumping [image source]

4. Pulau Bair

Perairan Pulau Bair yang sangat jernih [image source]
Pulau Bair ini memiliki berbagai macam jenis mangrove dan tebing-tebing batu yang menjulang. Selain itu, air jernih berwarna biru muda membuat segala kehidupan di bawah air yang indah tampak jelas terlihat. Kamu juga dapat menyusuri celah-celah pulau batu karst dengan perahu tradisional di sini. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai Raja Ampatnya Maluku.

Lorong mati di Pulau Bair [image source]
Bagian timur Indonesia memang masih memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan sejuta pesona. Maka itu, bagian timur Indonesia dapat menjadi destinasi plesir dengan prioritas utama. Seperti Maluku yang memiliki beragam destinasi wisata air.