Mutiara Tersembunyi Indonesia, Berada di Bagian Terluar Nusantara

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh wilayahnya. Keindahannya tak perlu dipertanyakan, tetap mampu bersaing dengan pulau-pulau ternama lainnya. Begitu pula dengan pulau yang berada di perbatasan luar Indonesia. Meskipun begitu, potensi tempat-tempat tersebut tak banyak disadari oleh warga negara Indonesia juga rawan menjadi terlupakan.

Pulau Enggano, Bengkulu

Pantai Koomang daya tarik utama yang ada di Pulau Salandon via instagram/@fianbkl

Nama pulau ini mungkin masih terdengar asing di telinga traveler. Karena Enggano belum sepenuhnya terekspose. Tapi masalah potensi dan pemandangannya, tempat ini mampu bersaing. Pantai berpasir putih dan batuan besar didukung dengan air laut yang jernih adalah pemandangan utama di Pulau ini.

Pulau terluar yang berada di Samudra Hindia via instagram/@fianbkl

Pulau Maratua

Pesisir Pulau Maratua via instagram/@its_hard_to_explain

Pulau Maratua memiliki reputasi yang cukup keren di dunia traveling. Maratua juga termasuk dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia. Pantas saja jika destinasi ini menjadi populer di kalangan traveler. Berenang bersama sekumpulan ubur-ubur adalah salah satu kegiatan yang paling banyak diminati di tempat ini.

Berenang dengan ubur-ubur yang tidak menyengat via instagram/@kantywidjaja

Pulau Salando

Dermaga menuju Pulau Salando di perbatasan Indonesia dengan Filipina dan Malaysia via instagram/@febriii20

Secara adminstratif, Pulau di perbatasan Indonesia dengan Filipina dan Malaysia ini berada di Kecamatan Toli-toli, Sulawesi Tengah. Salando ini bukan merupakan destinasi wisata yang telah dikelola oleh pihak tertentu. Karena itu juga suasana di sini benar-benar masih alami. Pantainya memiliki pasir putih dan perairan yang begitu jernih. Bahkan dasar laut yang tak terlalu dalam dapat jelas terlihat dari permukaan.

Pesisir pantai di Pulau Salando yang masih bersih via instagram/@huseinzm

Pulau Tinakareng

Pulau Tinakareng berada di perbatasan Indonesia dengan Filipina via instagram/@eatsingtravel

Pulau Tinakareng juga merupakan destinasi yang berada di perbatasan Indonesia dengan Filipina. Letaknya berada di Kecamatan Nusa Tabukan, Sulawesi Utara. Perairan di Tinakareng memiliki warna yang biru jernih, serta masih sangat bersih. Tepi pantainya dipenuhi dengan pasir putih kecoklatan yang alami. Selain itu keindahan bawah airnya juga patut kamu coba.

Pesisir Pantai Tinakareng via instagram/@windy_ariestanty

Meskipun Indonesia telah mendaftarkan sebanyak 16.056 pulau ke PBB, tetap saja pantai ini harus kita perhatikan. Agar tidak dijarah dan dieksploitasi oleh negara-negara yang lain. Coba datang ke tempat-tempat di atas yuk?