Incip Soto Spesial Khas Belitung di Kedai Mak Jannah yang Legendaris

Belitung tidak seluas Pulau Bangka. Namun, keistimewaannya tak pernah gagal mencuri perhatian. Apalagi ketika berbicara mengenai kuliner enak di Negeri Laskar Pelangi. Salah satunya soto Belitung yang bisa ditemukan di Kedai Mak Jannah. Penasaran seperti apa cita rasa makanan di kedai legendaris ini kan? Yuk intip ulasannya berikut.

Kedai Tersohor di Seluruh Penjuru Pulau

Menu Kedai Mak Jannah
Menu Kedai Mak Jannah via instagram/@monaonya

Berlabuh ke Belitung menghadirkan banyak cerita, termasuk sensasi makan di kedai paling populer di pulau eksotis ini. Yap, Kedai Mak Jannah termasuk salah satu kedai makan paling difavoritkan. Selain karena tempatnya yang strategis di Kawasan KV Senang, Jalan Veteran, Tanjung Pandan, tapi juga kelegendarisannya yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Tentunya, rasa menu yang ditawarkan tak mengecewakan.

Santapan Andalan Berupa Soto

Soto Belitung
Soto Belitung via instagram/@wildy.wildly

Hingga saat ini, menu andalan yang disajikan oleh Kedia Mak Jannah berupa suto atau soto Belitung.Sajian lokal ini tak jauh beda dengan lontong sayur di Jakarta. Seporsinya terdiri dari lontong, bihun, suwiran daging sapi, potongan kentang yang disiram dengan kuah santan. Nah, makanan yang disajikan di atas piring ini ditaburi bawang goreng serta kerupuk emping. Lihat komposisinya, sudah bikin ngiler kan?

Kuah Santan yang Menggoyang Lidah

Mie Belitung
Mie Belitung via instagram/@oliviacheniko

Dari banyaknya isi yang menggugah selera, ternyata rahasia kelezatan soto ini berasal dari potongan dagingnya. Tekstur dari potongan daging sapi ini lembut banget dan tak susah untuk dikunyah. Rasanya makin istimewa ketika disantap dengan kuah santan yang kaya akan rempah. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi soto di sini hanya Rp20.000 belum termasuk minuman. Jika tak ingin kehabisan, datanglah pagi hari karena jam 2 siang sudah tutup.

Tempat Istimewa yang jadi Juara

Kedai Mak Jannah yang terkenal
Kedai Mak Jannah yang terkenal via instagram/@journey_of_a_pearl

Usianya sudah hampir setengah abad, tapi kepopulerannya tak larut. Hal ini tidak lain karena kelezatan soto yang tak banyak berubah. Pak Ucu yang merupakan generasi ketiga dari kedai ini masih tetap mempertahankan resep rahasia yang diwariskan dari orang tuanya. Begitu pula dengan menu enak lainnya, seperti mie Belitung. Bedanya, hanya pada kedai yang kini makin modern setelah adanya revitalisasi di kawasan tersebut.

Nah, itulah ulasan tentang soto Belitung di Kedai Mak Jannah yang sudah melegenda. Bagaimana, sudah siap untuk jelajah Negeri Laskar Pelangi? Jangan lupa mampir ke tempat makan legendaris ini ya!

Tags
bangka belitung Belitung Indonesia
Share