4 Kuliner Khas Belitung yang Sayang untuk Dilewatkan

Siapa yang tak terpesona dengan keindahan Pulau Belitung. Hamparan pasir putih dengan batuan karang yang kokoh menjadi pemandangan sempurna tak terlupakan. Namun, terasa kurang jika tak sekalian berburu makanan enaknya. Penasaran kuliner khas Belitung yang sayang untuk dilewatkan bukan? Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

1. Mie Belitung

Mie Belitung
Mie Belitung via instagram/@yuni989

Kuliner pertama yang begitu menarik perhatian adalah Mie Belitung. Salah satu penjual yang populer hingga saat ini adalah Mie Atep Belitung. Berbeda dari mie ayam atau pangsit, makanan ini berupa mie kuning yang disiram dengan kuah udang. Di atasnya ada taburan bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo hingga taoge. Aromanya khas banget. Apalagi ketika disajikan di atas daun.

Mie Khas Belitung
Mie Khas Belitung via instagram/@istiana.yulianti

2. Ikan Gangan

Ikan Gangan di Belitung
Ikan Gangan di Belitung via instagram/@indoeatsgram

Ikan Gangan sekilas mirip dengan gulai. Isinya berupa ikan ketarap yang dimasak dengan bumbu kuning. Beberapa orang biasanya menambah mie sebagai topping. Cita rasanya berupa asam pedas yang menggugah selera. Rasa tersebut berasal dari tambahan potongan buah nanas. Jangan salah, untuk bumbu dari kuliner ini tidak menggunakan santan. Sementara warna kuningnya berasal dari kunyit.

Ikan Gangan
Ikan Gangan via instagram/@istiana.yulianti

3. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung Belitung
Sambal Lingkung Belitung via instagram/@cc_ching

Biasanya sambal identik dengan tekstur yang berair. Namun, sedikit berbeda dengan sambal lingkung atau lingkong khas Belitung. Makanan ini mirip banget dengan abon atau serundeng. Bahannya sendiri terbuat dari ikan tengiri yang diolah dengan santan kelapa serta tambahan rempah-rempah. Tidak harus menunggu lebaran tiba, kamu bisa mendapatkannya di beberapa toko oleh-oleh yang sudah dikemas rapi.

Sambal Lingkung
Sambal Lingkung via instagram/@l.d_homecook

4. Songsui Belitung

Songsui Belitung
Songsui Belitung via instagram/@biglilmouth

Kuliner berikutnya yang tak kalah menggoyang lidah adalah Songsui Belitung. Sayangnya, umat muslim tidak dianjurkan untuk menyantap menu. Hal ini tidak lain karena kandungannya yang dicampur dengan daging babi. Beberapa penjual juga memasaknya dengan tambahan jeroan babi yang dicampur dengan arak. Soal rasanya, tentu saja tak perlu ditanyakan lagi.

Songsui khas Belitung
Songsui khas Belitung via instagram/@pricillabijanto

Nah, itulah empat kuliner khas Belitung yang rasanya nendang. Bagaimana, makin tertarik untuk jelajah pulau cantik satu ini kan?

Tags
bangka belitung Indonesia kuliner belitung
Share