Kedai Lupis Jogja, Kuliner Tradisional Rasa Kekinian dengan Aneka Topping

Berbicara mengenai kuliner tradisional, pasti kita tidak asing dengan lupis. Jajanan ini terkenal di Pulau Jawa. Bahkan, kita bisa menemukannya di pasar atau sudut-sudut kota. Perpaduan rasa beras ketan putih sebagai bahan utama dengan saus gula merahnya memang selalu nempel di lidah. Namun, bagaimana jika lupis dimodifikasi dengan berbagai macam topping? Kedai Lupis Jogja menjadi jawabannya. Berikut penuturan Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Lupis Aneka Topping Pertama di Indonesia

Lupis Aneka Topping oleh Annissa Saputri
Lupis Aneka Topping (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Berlokasi di Jalan Persatuan, Condong Catur, Sleman, tempat makan ini menawarkan menu lupis yang unik. Tak hanya menyediakan menu dengan parutan kelapa dan saus gula merah, Kedai Lupis Jogja juga menawarkan topping beraneka rasa. Inovasi ini dilakukan agar kalangan anak muda tidak melupakan keberadaan kuliner tradisional yang nyatanya tidak kalah enak dengan makanan kekinian. Meski tampilan unik, cita rasanya tetap asli.

Lupis unik dan tak biasa oleh Annissa Saputri
Lupis unik dan tak biasa (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memiliki tagline ‘Lupis Di Sini Beda’, Kedai Lupis Jogja menjadi kedai pertama di Indonesia yang menjual lupis dengan topping yang tak biasa. Variannya banyak seperti meises hingga ice cream. Selain rasa original, tercatat ada 18 menu lupis ber-topping di kedai ini yang tentu saja menggugah selera. Soal rasa, tak perlu diragukan karena dimasak merupakan resep Mak Itok (mertua sang pemilik) yang konon sudah digunakan sejak 1974, yang sudah memiliki usaha lebih dulu di Purworejo.

Menu Premium Taste dan Menu Mak Itok

Lupis Mak Itok original oleh Annissa Saputri
Lupis Mak Itok original (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki kedai ini kita akan dihadapkan pada banyaknya pilihan menu. Ada Menu Premium Taste dan Menu Mak Itok. Yang membedakan dari keduanya adalah Menu Premium Taste menggunakan susu kental putih sebagai pelengkapnya. Sedangkan untuk menu Mak Itok memakai susu kental cokelat. Selain itu topping yang digunakan pun juga berbeda.

Kuliner tradisional rasa kekinian oleh Annissa Saputri
Kuliner tradisional rasa kekinian (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada sembilan varian dari Menu Mak Itok antara lain original, Meses Susu Keju, Meses Susu Oreo, Meses Susu Kacang Oven, dan Meses Susu Milo. Untuk menu Mak Itok kita cukup merogoh kocek sebesar Rp6.000 hingga Rp9.000 per porsinya. Per porsi tersaji tiga buah lupis berbentuk kerucut dengan topping yang melimpah. Tak lupa susu kental cokelat atau saus gula merah untuk menu original.

Menu Premium Taste oleh Annissa Saputri
Menu Premium Taste (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sementara untuk Menu Premium Taste-nya terdapat 10 pilihan topping di antaranya ada Choco Cheese, Choco Nut, Green Tea, Strawberry, Rainbow, dan Choco Mc Flurry. Menu ini juga menggunakan resep Mak Itok. Bedanya hanya pada topping yang lebih kekinian dan susu kentalnya saja. Untuk per porsinya dibanderol dengan harga Rp11.000 hingga Rp15.000.

Kedai Lupis di Jogjakarta
Kedai Lupis di Jogjakarta (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Menu Original yang Tak Lekang oleh Waktu

Lupis original oleh Annissa Saputri
Lupis original (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sebelum mencoba lupis dengan aneka topping-nya, menu original juga wajib untuk dipesan. Dibanderol dengan harga Rp6.000 per porsinya, dalam satu piring tersaji tiga lupis dengan parutan kelapa. Rasa lupisnya gurih dengan tekstur lupisnya sendiri tidak keras dan tidak lembek, benar-benar pas. Karena rasanya gurih, jadi lebih nikmat jika disiram saus gula merah. Menu original-nya saja sudah membuat jatuh cinta, bagaimana dengan yang lainnya?

Lupis Rainbow yang Menarik Hati

Lupis Rainbow oleh Annissa Saputri
Lupis Rainbow (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Di antara banyaknya menu yang ditawarkan, Lupis Rainbow menjadi menu favorit para pembeli. Menu ini terdiri dari tiga macam dengan topping yang ditawarkan adalah cokelat parut, keju, green tea, dan stroberi. Dan kita bebas untuk memilih tiga untuk dijadikan topping lupis kita. Dengan harga Rp15.000 kita mendapat tiga buah dengan topping berbeda yang melimpah serta susu kental putih untuk menyempurnakan rasa.

Rasanya nendang di lidah via Annissa Saputri
Rasanya nendang di lidah via Annissa Saputri

Topping cokelat, keju, dan green tea memang jadi kesatuan yang menarik. Gurih dari lupis, manis dari cokelat dan susu, asin dari keju, serta sensasi green tea-nya membuat perpaduan rasa yang nikmat dan nendang di lidah. Tak hanya Lupis Rainbow, lupis topping lainnya pun juga tak kalah nikmat.

Lupis green tea oleh Annissa Saputri
Lupis green tea (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Lupis Topping Ice Cream yang Menyegarkan

Lupis topping es krim oleh Annissa Saputri
Lupis topping es krim (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin mencoba menu lupis yang lebih unik lagi? Ya, lupis topping es krim jawabannya. Untuk menu ini menawarkan kesegaran dalam satu porsinya. Sementara seporsinya dibanderol dengan harga Rp14.000. Sudah berisi tiga lupis serta dua scoop es krim rasa vanilla dan cokelat. Jika ingin tambah es krim, bisa tambah Rp8.000.

Rasanya menyegarkan oleh Annissa Saputri
Rasanya menyegarkan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Rasanya unik  dan memberikan pengalaman yang berbeda. Rasa gurih dan manisnya bercampur di lidah yang kemudian memberikan sensasi segar. Menu satu ini cocok dinikmati ketika siang hari apalagi saat udara sedang panas.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba lupis unik di Kedai Lupis Jogja? Langsung saja mampir ke Sleman. Kedai ini buka setiap dan buka dari pagi yaitu jam 08.00 hingga pukul 22.00 WIB. Selamat berkuliner, ya!

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja kuliner Sleman Sleman Travelingyuk Yogyakarta
Share