Kedai Kopi di Medan yang Usianya Sudah Puluhan Tahun, Sudah Coba?

Banyak hal yang membuat Medan selalu istimewa. Di antaranya adalah kuliner enak dan nendang di lidah. Berbicara mengenai kuliner, tak lengkap rasanya liburan ke sini tanpa mampir ke kedai kopi. Pasalnya, banyak kedai yang sudah puluhan tahun. Seperti di bawah ini, empat kedai kopi legendaris di Medan dengan menu wedang hitam yang menggiurkan.

1. Kedai Kopi Apek

Kedai kopi apek
Kedai kopi apek via instagram/@meufood

Tempat pertama yang tak pernah luput dari perhatian adalah Kedai Kopi Apek. Lokasinya di Jalan Hindu, Kesawan yang sudah berdiri sejak tahun 1923. Selain nyentrik dengan interior kedai yang mempertahankan desain lama, aneka menu di sini juga bikin ketagihan. Terutama racikan kopinya yang menggunakan Kopi O dari biji kopi Sidikalang. Nah, jika ingin rasa manis, tambahkan susu kental manis untuk membuatnya makin istimewa.

Kedai Kopi Apek Medan
Kedai Kopi Apek Medan via instagram/@wilsonsw

2. Kopi Tiam Ong

Kopi tiam ong
Kopi tiam ong via instagram/@pauluskevintan

Bangunan lawas tidak hanya ada di kedai Kopi Apek. Saat mampir ke Kopi Tiam Ong, teman traveler juga bakal disuguhkan bangunan dua lantai dengan desain jaman dulu. Kedai kopi ini lahir di tahun 1968 dan berlokasi di Jalan Doktor Mansyur No.39. Sementara varian rasa yang ditawarkan beragam, mulai dari kopi tubruk, ong klasik, hingga talua khas Bukittinggi. Tak hanya itu saja, kedai kopi ini juga menyediakan aneka makanan khas yang menggoyang lidah. Pastikan untuk tidak datang sendiri di sini.

Kopi Tiam Ong Medan
Kopi Tiam Ong Medan via instagram/@pauluskevintan

3. Kopi Kok Tong

kopi kok tong
kopi kok tong via instagram/@yos.abby_afero

Seperti dua kedai sebelumnya, tempat ngopi ini juga sudah lama berdiri. Sesuai yang tertulis dalam barang pecah belah di sini, Kopi Kok Tong sudah ada sejak tahun 1925. Menu andalan di sini terdiri dari jenis, yaitu kopi hitam dan kopi susu. Keduanya pun bisa diseruput dalam kemasan dingin atau pun panas. Nah, untuk pilihan biji kopi di sini masih menggunakan produk lokal yaitu robusta dari dataran tinggi Simalungun. Lokasinya memang bukan di Medan, melainkan di Pematang Siantar. Namun masih mudah untuk ditempuh.

Ilustrasi Kopi Kok Tong
Ilustrasi Kopi Kok Tong via instagram/@heidi_handayani

Kopi seakan menjadi candu yang tak bisa dilepas karena rasa dan juga aromanya. Apalagi ketika menikmati menu tersebut di dalam ruangan yang telah berusia puluhan tahun. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke kedai kopi legendaris di Medan ini? Yuk, segera atur jadwal liburan ke Kota Medan.

Tags
Indonesia kuliner medan Medan Sumatera Utara
Share