Kedai Kopi Apek, Warung Ngopi di Medan yang Tak Termakan Usia

Jelajah Pulau Sumatera terasa kurang jika belum menginjakkan kaki di kota Medan. Tidak hanya soal keindahan alamnya, kuliner lezat khasnya juga tak kalah menarik perhatian. Apalagi ketika berbicara mengenai kopinya. Nah, bagi kamu pecinta kopi dan berniat jelajah Medan, yuk mampir ke Kedai Kopi Apek. Tempat ngopi di Medan yang usianya sudah puluhan tahun.

Sudah Ada Sebelum Merdeka

Kedai Kopi Apek dari depan
Kedai Kopi Apek dari depan via instagram/@achasinaga

Coffee Shop dengan berbagai tempat kece memang tengah hits belakangan ini. Pun demikian, kedai kopi lawas masih difavoritkan. Seperti Kedai Kopi Apek yang berada di Jalan Hindu No. 37 Medan. Tempat nongkrong segala usia ini ternyata sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya tahun 1922. Wah, bisa dibayangkan usianya kini sudah berapa bukan?

Menu di Kopi Apek Medan
Menu di Kopi Apek Medan via instagram/@gilbertganda

Tetap Nendang Meski Ganti Generasi

Secangkir Kopi Hitam
Secangkir Kopi Hitam via instagram/@ardiashary

Selama hampir satu abad berlalu, pengelola bisnis warung kopi ini sudah ganti generasi sebanyak tiga kali. Menariknya, rasa di setiap menu yang ditawarkan di sini tak berubah. Hal ini tidak hanya pilihan kopi yang digunakan, tapi juga teknik meracik yang masih sama seperti cara generasi pertama meracik. Tempat duduk kayu yang kuno juga masih terawat dengan baik. Begitu pula dengan ornamen unik yang didominasi dengan kalender kuno bergaya China.

Roti bakar dan Kosudi
Roti bakar dan Kosudi via instagram/@wilsonsw

Kopi Susu Sedap yang Nagih

Kopi dan susu yang yahud
Kopi dan susu yang yahud via instagram/@meufood

Dari banyaknya menu yang ditawarkan, cobanya mencicipi lezatnya kopi susu. Segelas minuman ini menggunakan bahan khas yaitu kopi Sidikalang. Menu ini disajikan dengan susu kental manis yang bila dicampur menciptakan rasa spesial. Kamu bisa memesan dalam sajian hangat, atau ditambah es untuk dingin. Tidak hanya Sidikalang, kamu juga bisa mencoba kopi hitam dari jenis robusta yang tak kalah nendang.

Kopi Susu khas Apek Medan
Kopi Susu khas Apek Medan via instagram/@coffoodstory

Camilan Sedap untuk Teman Ngopi

Roti panggang di Kedai Apek
Roti panggang di Kedai Apek via instagram/@kimhua78

Tidak hanya menjual kopi, Kedai Kopi Apek juga menawarkan aneka camilan sedap. Salah satunya roti bakar yang diolesi dengan srikaya dan telur ayam setengah matang. Gorengan, cakue, onde-onde, talas, dan jajanan pasar lainya juga tersedia di sini. Menu berat seperti bakmi dan kwetiau goreng juga bisa kamu coba saat berkunjung ke sini. Tentunya lumayan untuk mengganjal perut yang keroncongan.

Kwetiau goreng di Kedai Apek
Kwetiau goreng di Kedai Apek via instagram/@kimhua78

Tempat ngopi yang didirakan oleh orang tua Thia Tjo Lie atau Apek ini masih difavoritkan hingga saat ini. Bahkan, banyak anak muda yang penasaran dengan cita rasa kopi di sini. Bagaimana denganmu, penasaran dengan Kedai Kopi Apek ini kan?

Tags
Indonesia Kopi Medan kuliner medan Medan Sumatera Utara
Share