Bus Pariwisata Terjun ke Jurang Sukabumi, Ini Jalur Paling Mematikan di Indonesia

Advertisement

Sabtu (8/9/2018), sebuah bus pariwisata memasuki jurang sedalam 25 meter di jalur alternatif Cikidang-Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Kecelakaan di Sukabumi itu mengakibatkan 21 orang meninggal, dan itu termasuk sopir. Para penumpang merupakan karyawan dari dealer motor PT Catur Putera Group Bogor yang berencana menuju ke lokasi wisata Bravo Adventure Camp yang berada di Kampung Bantar Selang, Cikidang dan agendanya merasakan arung jeram di Sungai Citarik.

Lokasi kecelakaan maut ini juga disebut sebagai Jalur Tengkorak dan memiliki kelokan-kelokan yang cukup sulit untuk dikuasai. Ternyata sebelum kecelakaan yang mengakibatkan korban puluhan orang ini, di daerah yang sama sebuah mikro bus juga masuk dalam jurang di lokasi yang kurang lebih sama. Membahas masalah jalur yang sulit atau ekstrim di Indonesia, jumlahnya cukup banyak. Berikut ini akan Travelingyuk paparkan beberapa jalur sulit di Indonesia yang sering dijuluki sebagai ‘Jalur Neraka.’

1. Tanjakan Puncak Pass, Jawa Barat

Tanjakan Puncak Pass, Via Instagram metrotv
Tanjakan Puncak Pass, Via Instagram metrotv

Lokasi jalanan di Tanjakan Puncak Pass di jalur Bogor-Cianjur ini memang memiliki panorama yang sangat indah. Udaranya pun sejuk, khas hamparan kebun teh. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menjamin jalanannya aman seratus persen. Malahan, jalanan ini dikenal dengan jalur neraka yang banyak memakan korban jiwa. Apalagi, saat musim liburan tiba, tidak jarang akan terlihat deretan kendaraan yang mengantri sepanjang tanjakan. Dan ini tentu saja begitu membahayakan.

2. Tanjakan Mandalawangi, Banten

Jalur Tanjakan Mandalawangi, Via instagram mickygraphy
Jalur Tanjakan Mandalawangi, Via instagram mickygraphy

Lokasi tanjakan Mandalawangi ini berada di Pangdeglang, Banten. Dikenal sebagai Tanjakan Bangangah yang memiliki sudut kemiringan. Begitu menakutkan, a kemiringannysampai dengan 50 derajat. Bahkan mereka para pengendara motor harus zig zag supaya tenaganya cukup untuk melewati tanjakan. Di tahun 2004 lalu, truk yang mengangkut 59 siswa SMK Negeri 1 Pandeglang terguling dan menewaskan enam pelajar.

3. Tanjakan Emen Subang, Jawa Barat

Gambar udara Tanjakan Emen, Via Instagram antarafotojabar
Gambar udara Tanjakan Emen, Via Instagram antarafotojabar

Jalur lain yang tidak kalah menakutkan adalah Tanjakan Emen yang berada di Subang, Jawa Barat. Bahkan, pada awal tahun 2018 lalu, bus pariwisata terbalik dan memakan korban jiwa sebanyak 27 orang dan 18 orang lainnya luka-luka. Sudah menjadi rahasia umum jika Tanjakan Emen ini merupakan ‘jalur maut’ yang topografi jalannya begitu curam dan berkelok-kelok.

4. Jalur Pantura, Jawa Barat

Jalur Pantura, Via Instagram hafidzun_n
Jalur Pantura, Via Instagram hafidzun_n

Sudah menjadi rahasia umum jika Jalur Pantura merupakan lokasi yang begitu banyak menelan korban jiwa. Ini merupakan jalur mudik paling terkenal dan telah menyebabkan banyak kecelakaan hebat yang merenggut puluhan korban setiap tahunnya. Tidak hanya kendaran pribadi, jalur ini juga dilewati truk bermuatan berat, kendaraan umum, sehingga makin menambah kesulitan para pengendara.

Itulah empat jalur yang perlu untuk diwaspadai ya Teman Traveler. Terutama untuk yang mengendari kendaraan pribadi. Selalu pastikan kendaraan dalam kondisi yang fit dan pastikan jaga konsentrasi saat berkendara.

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia info terbaru jalur mematikan kecelakaan di sukabumi
Share