Mencoba Pengalaman Unik Menjadi Pemetik Daun di Kebun Teh Kemuning, Seru Banget!

Pagi hari enaknya dihabiskan dengan menikmati pemandangan indah, juga hawa sejuk yang menenangkan pikiran. Berkunjung ke kebun teh bisa menjadi jawabannya. Hamparan perkebunan teh yang luas, berbukit-bukit dan membentuk pegunungan membuat mata yang memandang akan enggan berkedip. Hijaunya perkebunan juga membuat mata dan pikiran dingin. Salah satu kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara akan bercerita tentang pengalamannya berkunjung ke Kebun Teh Kemuning di Karanganyar ini.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Kebun Teh Kemuning (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Waktu terbaik berkunjung ke Kebun Teh Kemuning adalah pagi hari. Udara sangat sejuk dan sinar matahari masih sangat bersahabat. Tidak panas atau terlalu menyengat. Cahaya pagi sangat tepat untuk mengambil sebuah foto di antara hamparan teh. Apalagi, pagi adalah waktu para petani teh memetik daun-daun teh untuk ditimbang .

Ada rasa berbeda saat para pelancong bergabung dengan ibu-ibu pemetik teh ini. Keramahan dan canda tawa dengan Bahasa Jawa khas pelosok akan tersaji. Mereka pun tidak canggung bergaul serta memberi arahan bagi para pelancong yang ingin merasakan bagaimana keseruan menjadi seorang pemetik teh.

Pengalaman Menjadi Pemetik Teh

Petani Teh (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Petani Teh (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menambah pengalaman unik saat berkunjung ke Kebun Teh Kemuning. Seru juga mencoba bagaimana rasanya menjadi pemetik teh dalam sehari. Teman Traveler akan diajari memilih dauh teh yang siap dipetik. Setelah dirasa cukup, daun teh ini akan ditimbang dan dicatat untuk diolah menjadi teh yang bisa untuk diminum. Menurut para pemetik teh, daun-daun teh ini harus segera diproses karena cepat kering.

Tidak hanya sampai di sini. Agak siang para wisatawan akan melihat bagaimana kerukunan di antara para petani benar-benar terjaga. Menggelar tikar, membuka semua bekal makanan yang mereka bawa. Bahkan ada yang memanfaatkan momen ini untuk saling bertukar lauk. Berada di tengah-tengah mereka adalah sebuah keceriaan. Karena, sejak awal hanya canda dan tawa saja yang tersaji.

Wajib Meminum Teh Langsung dari Kebunnya

Para Petani Makan Bersama (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Para Petani Teh Makan Bersama (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Selain bercengkrama dengan para petani, wisatawan pun juga bisa duduk di warung-warung yang berjajar menikmati beberapa menu makanan yang ditawarkan. Satu hal yang harus wisatawan lakukan di sini adalah meminum teh.

Kenapa? Karena teh yang disajikan disini adalah hasil petikan sendiri. Sejak dahulu, hasil dari Kebun Teh Kemuning ini terkenal sangat nikmat, apalagi diminum saat hangat. Selain menghangatkan badan, dijamin bakal ketagihan dengan rasanya yang luar biasa.

Rute Dan Lokasi

Pemandangan Hijau Kebun Teh (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Pemandangan Hijau Kebun Teh (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Menuju ke tempat ini sangat mudah, wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke Karanganyar. Kemudian, setelah melewati alun-alun, Teman Traveler hanya perlu berjalan lurus hingga menemukan Terminal Karangpandan. Dari terminal ini akan ada percabangan jalan, kemudian belok ke kiri menuju ke Kebun Teh Kemuning. Sudah banyak papan petunjuk yang akan memudahkan para wisatawan.

Jangan terburu-buru pulang karena semakin sore suasana di tempat ini makin indah dan memesona. Apalagi dengan pemandangan langit aurora yang mengesankan dan pesona matahari terbenam membuat decak kagum bagi mereka yang melihat kecantikan alam yang satu ini.

Saat matahari sudah terbenam, lampu-lampu perkotaan akan terlihat megah.  Bagaimana, tertarik berkunjung ke tempat Kebun Teh Kemuning?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Kebun Teh Kemuning Wisata
Share