Karanganyar, Destinasi Wisata Tanpa Panas dan Gerah

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu, membuat Kabupaten Karanganyar memiliki cuaca yang sejuk. Karena hal itu pula kabupaten yang berada di bagian barat Kota Solo ini memiliki beragam destinasi yang tepat untuk menghilangkan penat. Singkat kata kabupaten dengan 17 kecamatan ini harus masuk dalam list perjalananmu berikutnya.

Kebun Teh Kemuning

Pengunjung yang sedang berfoto di Kebun Teh Kemuning [image source]
Kebun Teh Kemuning adalah destinasi wisata alam di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang tidak boleh terlewat saat mengunjungi wilayah ini. Berada di Kecamatan Ngargoyoso, kamu bisa mengambil rute menuju Gunung Lawu. Selain menikmati hamparan kebun teh, kamu juga dapat merasakan pacuan adrenalin dengan olahraga paralayang.

Kebun Teh Kemuning saat diselimuti kabut [image source]

Rumah Pohon Tugulasi

gardu pandang berbentuk tangan [image source]
Rumah Pohon Tugulasi berada di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Kondisi geografisnya yang berupa perbukitan, membuat tema gardu pandang yang diusung tempat ini menjadi cara paling tepat menikmati wisata di Karanganyar. Terutama pagi hari sembari menanti matahari terbit dari balik perbukitan.

Panorama perbukitan dari Rumah Pohon Tugulasi [image source]

Tenggir Park Ngargoyoso

Rumah Honai di Tenggir Park [image source]
Tenggir Park Ngargoyoso berada di dalam kawasan wisata candi Sukuh Karanganyar. Konsep yang dibawakan hampir serupa dengan wisata lain yang berada di perbukitan. Namun selain gardu pandang, di sini kamu juga dapat menemukan rumah-rumah kerucut yang terbuat dari bambu dan jerami. Perihal cuaca tak perlu dipertanyakan lagi, cuaca sejuk khas perbukitan pasti kalian temui di sini.

Salah satu pembeda dengan wisata perbukitan yang lain [image source]

Candi Cetho

Kompleks Candi Cetho [image source]
Candi yang terletak di Desa Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki pesona luar biasa. Selain bentuk candinya yang indah, pemandangan yang ditawarkan pun cukup memesona. Suasana matahari terbenam di sini hampir sama dengan sunset yang ada di Pura Lempuyang, Bali. Posisi matahari yang tenggelam tepat berada di tengah-tengah gapura utama Candi Cetho.

Gapura Candi Cetho yang ditutup kabut [image source]
Datang ke tempat di atas, yang notabene berada pada wilayah ketinggian, tentu saja akan membuatmu bertemu dengan cuaca yang begitu sejuk. Wisata tetap seru tanpa merasakan panas dan gerah. Mana yang paling menarik perhatianmu?